//

PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT TERHADAP TINGKAT SERANGAN HAMA PENGGEREK BUAH KAKAO (CONOPOMORPHA CRAMERELLA SNELLEN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang syarkawi - Personal Name
SubjectCACAO
PEST CONTROL
PLANT DISEASES - AGRICULTURE
PESTS - AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi magister Agroekoteknologi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

RINGKASAN SYARKAWI. Pengaruh Ketinggian Tempat Terhadap Tingkat Serangan Hama Penggerek Buah Kakao (Conopomorpha cramerella Snellen) di Kabupaten Pidie. Dibawah bimbingan Husni sebagai pembimbing ketua dan Muhammad Sayuthi sebagai anggota. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh ketinggian tempat terhadap tingkat serangan hama C. cramerella, sehingga mendapatkan informasi sebagai sumber data pengendalian hama C. cramerella dimasa mendatang. Penelitian ini dilaksanakan di kebun kakao rakyat di Kabupaten Pidie, dimulai sejak bulan Januari sampai Maret 2015. Penelitian ini menggunakan metode survai. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengaruh ketinggian tempat terhadap tingkat serangan C. cramerella, dilakukan dengan metode purposive sampling. Ketinggian tempat dibagi kedalam empat kategori, yaitu (0-200 m dpl, 201-400 m dpl, 401-600 m dpl, dan 601-800 m dpl). Setiap ketinggian tempat tersebut dibagi 5 plot dengan selisih ketinggian antar plot 40 m dpl, hal ini agar terdistribusi secara keseluruhan dengan luas setiap plotnya adalah 1 ha, dan dari setiap plot diambil 10 pohon sampel secara zig-zag. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial, setiap perlakuan dianalisis dengan sidik ragam, jika terdapat perbedaan yang nyata maka dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 0,05. Adapun peubah-peubah yang diamati meliputi Perubahan Suhu Pada Ketinggian Tempat (ºC), Perubahan Kelembaban (RH) Pada Ketinggian Tempat, Populasi PBK (C. cramerella), Korelasi antara suhu (ºC) terhadap populasi PBK, Korelasi antara kelembaban (%) terhadap populasi PBK, Tingkat serangan PBK (C. cramerella), Korelasi antara Kelembaban (%) dengan Serangan PBK, Korelasi antara Kelembaban (%) dengan Serangan PBK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketinggian tempat mempengaruhi suhu dan kelembaban lingkungan yang berkorelasi pada tingkat serangan PBK dan populasinya. Serangan tertinggi ditemui pada dataran rendah dan serangan menurun pada dataran tinggi. Populasi PBK yang tertinggi juga ditemui pada dataran rendah dibandingkan pada dataran tinggi yang menunjukkan populasinya menurun. Terdapat korelasi yang positif antara suhu dengan persentase serangan PBK dan populasi PBK, namun kelembaban menunjukkan korelasi yang negatif terhadap persentase serangan PBK dan populasi PBK. Kata Kunci: Tinggi Tempat, Conopomorpha cramerella Snellen, Kakao.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK MORFOLOGI BUAH KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) YANG TAHAN TERHADAP HAMA PENGGEREK BUAH KAKAO(CONOPOMORPHA CRAMERELLA SNELL.) DI SAREE, ACEH BESAR (Raihanna Putri, 2015)

PENGGUNAAN FORMULASI CAIR AGEN PENGENDALIAN HAYATI BEAUVERIA BASSIANA (BALS.-CRIV.) VUILL. DAN METARHIZIUM ANISOPLIAE (METS.) UNTUK MENGENDALIKAN HAMA PENGGEREK BUAH KAKAO (CONOPOMORPHA CRAMERELLA SNELLEN) (ULVA SRI WAHYUNI, 2018)

POLA DISTRIBUSI DAN EVALUASI TINGKAT SERANGAN HAMA PENGGEREK BUAH KOPI (HYPOTHENEMUS HAMPEI) PADA PERKEBUNAN KOPI ARABIKA DI BENER MERIAH (MILDA GEMASIH, 2021)

TINGKAT SERANGAN HAMA PENGGEREK BUAH KOPI (HYPOTHENEMUS HAMPEI) PADA TANAMAN KOPI ARABIKA ORGANIK DAN ANORGANIK DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Elka Mulyadi, 2019)

BEBERAPA ASPEK BIOEKOLOGI PENGGEREK BUAH KOPI HYPOTHENEMUS HAMPEI FERRARI (COLEOPTERA: SCOLYTIDAE) PADA PERKEBUNAN KOPI RAKYAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Juwita Fintasari, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy