//

KAPASITAS BATANG TEKAN PROFIL SIKU TUNGGAL DENGAN MENGGUNAKAN SAMBUNGAN BAUT DI KEDUA UJUNG BATANG (SUATU PENELITIAN DENGAN ANGKA KELANGSINGAN BATANG 157)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Almukaffa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Baja merupakan konstruksi yang telah banyak digunakan pada komponen struktur. Meterial baja memiliki daktalitas yang tinggi sehingga cocok digunakan di Aceh dengan kawasan rawan gempa. Pada umumnya perencanaan batang tekan mengacu pada Euler 1744, SNI 2002 dan SNI 2015. Ketiga perencanaan masing-masing mempunyai asumsi perhitungan diantaranya Euler dan SNI 2002 menganggap batang tekan konsentris, sedangkan SNI 2015 telah mengakomodir beban aksial lentur akibat eksentrisitas penampang. Sementara itu batang tekan profil siku umumnya menggunakan baut sebagai sambungan sekaligus tumpuan pada salah satu leg penampang memberikan eksentrisitas pada bidang kerja beban aksial. Hal ini memberikan perbedaan asumsi konsentris aksial pada SNI 2002 maupun Euler 1744 terhadap actual kerjanya. Maka dari itu penelitian terhadap batang tekan profil siku dengan sambungan baut di kedua ujung batang perlu dilakukan sebagai kajian terhadap desain perencanaan batang tekan aksial dan kapasitas aktual dari struktur tersebut. Penelitian ini menggunakan profil siku L 30.30.3 yang di sambung dengan baut di kedua ujung tumpuan sebanyak tujuh buah benda uji melalui perilaku yang sama dengan angka kelangsingan (λ) 157. Pengamatan deformasi arah lateral (leg1 dan leg2) profil siku digunakan transducer di bagian tengah, ujung atas dan bawah batang tekan. Perekaman beban dan deformasi dilakukan dengan menggunakan data logger yang terhubung dengan loadcell dan transducer dengan interval pembebanan 250 kg. Hasil pengujian diperoleh rasio masing-masing kapasitas kuat tekan pengujian terhadap analisa Euler, SNI 2002, dan SNI 2015 dihasilkan sebesar 1.68, 0.95 dan 0.49 dengan asumsi tumpuan jepit-jepit. Dari pendekatan analitis faktor tekuk SNI 2002 dan SNI 2015 diperoleh nilai K sebesar 0.54 dan 0.24. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa asumsi perencanaan SNI 2002 dan SNI 2015 dengan tumpuan sendi-sendi masih aman terhadap kapasitas aktual pengujian. Untuk nilai faktor tekuk pengujian, sambungan baut pada kedua ujung tumpuan menunjukkan kondisi parsial (keadaan diantara sendi dan jepit) Kata kunci: profil siku, beban aksial lentur, deformasi, angka kelangsingan 157

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAPASITAS BATANG TEKAN PROFIL SIKU TUNGGAL DENGAN SAMBUNGAN BAUT DI KEDUA UJUNG TUMPUAN (SUATU PENELITIAN DENGAN ANGKA KELANGSINGAN 139) (Arjur Ridha, 2015)

PERILAKU BATANG TEKAN PROFIL SIKU TUNGGAL DENGAN VARIASI PANJANG BATANG PADA STRUKTUR RANGKA (TRUSS) (Rizky Syaputra, 2015)

KAPASITAS BATANG TEKAN BAJA PROFIL SIKU TUNGGAL DENGAN VARIASI PANJANG MENGGUNAKAN SAMBUNGAN BAUT (Luthfi Zulnas, 2017)

MENDAHULUKAN PUBLIKASI PAPER (Bustanul Arifin, 2018)

EVALUASI KAPASITAS ELEMEN STRUKTUR RANGKA ATAP BANGUNGAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK (RKFT) (Ade Maihara, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy