//

POLA REKRUTMEN PARTAI NASDEM KOTA LHOKSEUMAWE TERHADAP KANDIDAT CALON ANGGOTA LEGISLATIF PADA PEMILU LEGISLATIF 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD REZA - Personal Name

Abstrak/Catatan

MUHAMMAD REZA 2015 ABSTRAK POLA REKRUTMEN PARTAI NASDEM KOTA LHOKSEUMAWE TERHADAP CALON ANGGOTA LEGISLATIF PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (Dr. Mujibussalim, SH, M.Hum. dan Faradilla Fadlia, MA.) Sebagai agen demokrasi partai politik memiliki fungsi untuk menyeleksi calon-calon pemimpin yang akan mengisi jabatan-jabatan publik. Sebagaimana yang terdapat dalam teori partai politik, fungsi partai politik di negara demokrasi yakni menjadi wahana bagi warga negara untuk berpartisipasi dalam pengelolaan kehidupan bernegara dan memperjuangkan kepentingannya dihadapan penguasa. Namun ada permasalahan dalam proses rekrutmen yang dilakukan oleh partai politik di Indonesia dalam demokrasi saat ini diantaranya, partai politik belum memiliki prosedur yang jelas dan cenderung bersifat instan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme DPD Partai NasDem Kota Lhokseumawe dalam menyeleksi calon-calon anggota legislatif ditingkat daerah pada pemilu legislatif 2014. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dengan menggunakan metode wawancara dan studi pustaka, dimana peneliti melakukan wawancara terhadap kader-kader Partai NasDem Kota Lhokseumawe serta mencari literatur-literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa DPD Partai NasDem Kota Lhokseumawe melakukan rekrutmen secara terbuka terhadap calon anggota Legisaltifnya dipemilu 2014. Selain itu rekrutmen melaui jalur kaderisasi juga dilakukan ditingkat kecamatan melalui DPC-DPC dan organisasi sayap partai NasDem dengan tujuan mencari kader-kader yang memiliki kapasitas dan kualitas untuk dicalonkan sebagai calon anggota legisaltif dipemilu legislatif 2014. Namun ada persyaratan khusus yang ditetapkan oleh partai bagi kader yang mencalonkan diri seperti program 0250. Disarankan bahwa DPD partai NasDem kota Lhokseumawe dalam proses rekrutmen, khususnya calon anggota legislatif, untuk memperkuat sistem kaderisasi supaya melahirkan kader-kader yang memiliki kapasistas sebagai politisi dan membentuk lembaga khusus yang menangani proses rekrutmen. Kata kunci : Pola Rekrutmen, NasDem, Lhokseumawe.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA REKRUTMEN CALON LEGISLATIF DAPIL 1 PROVINSI ACEH YANG DILAKUKAN OLEH PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DAN PARTAI NASIONAL DEMOKRAT (NASDEM) (Yusrijal Abdar, 2016)

KEKALAHAN CALON LEGISLATIF PEREMPUAN DARI PARTAI ACEH PADA PEMILU LEGISLATIF DI KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014 (Muh.ikramullah, 2017)

INTERAKSI CALON LEGISLATIF DENGAN KONSTITUEN DALAM KAMPANYE PEMILU TAHUN 2019 (ANALISIS DRAMATURGI CALON LEGISLATIF DARI PARTAI PAN DI KOTA BANDA ACEH) (Yulia Ulfa, 2019)

KEMENANGAN TEUKU IRWAN DJOHAN DALAM PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (STUDI PERBANDINGAN TERHADAP KEKALAHAN PADA PEMILIHAN WALIKOTA BANDA ACEH TAHUN 2012). (Muhammad Iqbal Siregar, 2016)

STRATEGI POLITIK PARTAI GERINDRA DALAM PEROLEHAN KURSI ANGGOTA LEGISLATIF KOTA BANDA ACEH PADA PEMILU TAHUN 2014 (Tm Ridduwan Syah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy