//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONVERSI LAHAN TANAMAN KAKAO MENJADI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MARZUKI YUSRIADI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONVERSI LAHAN TANAMAN KAKAO MENJADI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA Marzuki Yusriadi/ Agribisnis/ Universitas Syiah Kuala ABSTRAK Perkebunan kelapa sawit menghasilkan keuntungan dan relatif tahan terhadap krisis sehingga banyak hutan dan perkebunan tanaman lain dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Konversi lahan tanaman kakao menjadi tanaman kelapa sawit yang terjadi di kecamatan kuala mempunyai faktor alasan tersendiri sehingga petani melakukan konversi lahannya menjadi kelapa sawit. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat konversi lahan dari setiap faktor yang menjadi alasan petani kakao mengkonversi lahannya menjadi kebun kelapa sawit dan mengetahui faktor alasan yang mendasar penyebab petani kakao mengkonversikan lahannya menjadi kebun kelapa sawit. Metode penelitian yang digunakan adalah motode pendekatan study kasus. data dalam penelitian ini mengunakan data sekunder dan data primer, data primer yang diperoleh melalui pengamatan langsung dilapangan, pencatatan dan wawancara langsung terhadap petani yang telah mengkonversikan lahan kakao menjadi kelapa sawit. Berdasarkan Hasil penelitian Terdapat 4 faktor alasan yang menyebabkan petani melakukan konversi lahan mereka dari tanaman kakao menjadi kelapa sawit yaitu faktor pendapatan, faktor serangan hama dan penyakit, faktor teknis perawantan dan faktor kompleksitas penanganan pasca panen, Dari ke 4 faktor tersebut terdapat 2 faktor alasan penyebab yang paling dominan yaitu Faktor serangan hama dan penyakit serta faktor pendapatan sehingga petani melalukana konvesi lahan kakao menjadi kelapa sawit. Kata Kunci : Konversi Lahan, Peningkatan Pendapatan, Tanaman Kakao, Tanaman Kelapa Sawit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI TERHADAP PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (Hendra Zulhelmi, 2020)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA SUB SEKTOR PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH (Muji burrahmat, 2018)

MOTIVASI PETANI DALAM MELAKUKAN USAHATANI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN BAKONGAN TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (Masrafit, 2013)

ANALISIS PENDAPATAN PETANI SETELAH MELAKUKAN KONVERSI LAHAN SAWAH MENJADI KEBUN KELAPA SAWIT DAN DAMPAK SOSIAL EKONOMI TERHADAP MASYARAKAT DI KECAMATAN TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA (MUHAMMAD AZNANI, 2016)

PROSES ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN PANGAN MENJADI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN DARUL MAKMUR, NAGAN RAYA (1990-2013) (Ayuni, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy