//

ANALISIS VALUE CHAIN KILANG PADI DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Ray Andrea Iskandar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ANALISIS VALUE CHAIN KILANG PADI DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR M.RAY ANDREA ISKANDAR / Agribisnis / Universitas Syiah Kuala ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang efektif dan efisien rantai nilai kilang padi di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jenis data yang dipakai adalah data primer dan data sekunder yaitu dengan cara mengobservasi dan mewawancara kilang padi yang memiliki keterikatan dengan petani dan pengecer dalam penciptaan jalur produk. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, kilang padi di Kecamatan Darussalam telah berjalan efektif dan efisien dalam penciptaan jalur produknya sesuai rantai nilai yang berlaku. Dalam rangkaian aktivitas nya kilang padi telah menjalankan aktivitas utama dan aktivitas pendukung. Indikator efektif kegiatan terlihat dalam rangkaian yang terjadi, kilang padi memperoleh bahan baku dari petani sekitar serta mendistribusikan hasil pengolahan langsung kepada pengecer terdekat. Nilai tambah yang diperoleh juga sebesar Rp.16.520.400/Ha/MT dengan persentase 54,65%, lebih besar dari petani dan pengecer. Indicator efisien kegiatan terlihat dalam hal kilang padi memperoleh bahan baku langsung berbentuk gabah kering giling (GKG) dari petani, pendistribusian hasil pengolahan menggunakan angkutan jenis pick-up, serta perekrutan tenaga kerja (SDM) yang melibatkan masyarakat sekitar. Kata kunci : kilang padi, rantai nilai

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT PENDAPATAN USAHA KILANG PADI DI GAMPONG COT YANG KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR. (Salwati.AR, 2016)

ANALISIS KINERJA RANTAI PASOK BERAS PADA KILANG PADI SKALA BESAR DI KABUPATEN BIREUEN (Naya Desparita, 2020)

PENGELOLAAN JARINGAN PASOK DAN NILAI TAMBAH EKONOMI (EVA) GABAH PADA KILANG PADI “AA” DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Miftahul Rauzah, 2015)

ANALISIS PENDAPATAN PENGUSAHA KILANG PADI KELILING DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Ansaria, 2018)

ANALISIS FINANSIAL KILANG PADI KELILING DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (NURUL AKMAL, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy