//

KAJIAN PROSPEK USAHA PRODUKSI SUSU JAGUNG MANIS DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syamratul Achwan - Personal Name
SubjectMILK
PRODUCTION EFFICIENCY
SWEET CORN
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

KAJIAN PROSPEK USAHA PRODUKSI SUSU JAGUNG MANIS DI KOTA BANDA ACEH OLEH Syamratul Achwan/Agribisnis Unsyiah ABSTRAK Indonesia merupakannegara yang mempunyai sumber kekayaan alam melimpah salah satunya adalah tanamanj agung (Zea mays L.) yang merupaka makanan pokok terpenting kedua setelah padi. Jagung yang diproduksi pada tahun 2014 di Provinsi Aceh sebanyak 176.844 ton dengan luas panen 42.163 ha (BPS, 2014). Produk olahan jagung yang meskipun begitu banyak, namun perlu adanya penganekaragaman bentuk olahan jagung yang menarik perhatian masyarakat, salah satunya yaitu dengan proses pengolahan susu jagung manis (Zea mays saccharata). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap produk susu jagung manis dan untuk mengkaji tingkat kelayakan financial produksi susu jagung manis. Adapun penelitian dilakukan di Kota Banda Aceh. Pengolahan jagung menjadi susu jagung manis dilaksanakan di Laboratorium Analisis Pangan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Penentuan lokasi daerah ini dilakukan dengan sengaja (purposive sampling), dengan pertimbangan produk susu jagung manis ini merupakan produk baru sehingga masih dipasarkan kepada konsumen yang terbatas dalam hal ini masyarakat Kota Banda Aceh. Ruang lingkup penelitian adalah untuk mengetahui cara pengolahan jagung manis menjadi produk susu dan prospek usaha di Kota Banda Aceh. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kelayakan finansial. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa respoden setuju atas kehadiran susu jagung baik dari segi kualitas produk seperti rasa, warna, aroma, tekstur, dan kemasan. Keuntungan yang diperoleh penjualan susu jagung manis ini per bulanya adalah Rp3.795.780/bulan. Adapun nilai BEP harga produksi sebesar Rp 1,675/cup, nilai R/C sebesar 2,08%, dan BEP volume sebesar 1.742. Kata kunci :Jagung, Susujagungmanis, Kepuasankonsumen, finansial.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSPEK PENGEMBANGAN JAGUNG MANIS RNDI DESA PANCA KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH RNKABUPATEN ACEH BESAR (Farah Mutia, 2014)

EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI JAGUNG KECAMATAN DARUL AMAN KABUPATEN ACEH TIMUR (HERMANSYAH, 2016)

PEMBUATAN ROTI TAWAR DENGAN VARIASI RASIO TEPUNG TERIGU DAN PASTA JAGUNG MANIS (ZEA MAYS VAR.SACCHARATA) (T.mursalin, 2014)

ANALISIS NILAI TAMBAH USAHA JAGUNG BAKAR RNSERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP TOTAL PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI ULEE-LHEUE KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Ilhamullah, 2014)

KERAGAAN FENOTIPIK DAN PERAN GEN KARAKTER HASIL DAN KOMPONEN HASIL TANAMAN JAGUNG F1 PERSILANGAN JAGUNG MANIS (ZEA MAYS L. VAR. SACCHARATA) DENGAN JAGUNG PROLIFIK (ZEA MAYS L.) (Bayu Sukmana, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy