//

PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK ETANOL BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM LINN) DENGAN VITAMIN B1 (TIAMIN) TERHADAP AKTIVITAS CANDIDA ALBICANS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Liana Marsella.T - Personal Name

Abstrak/Catatan

Bawang putih (Allium sativum Linn) merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan dan digunakan dalam pengobatan, karena perannya sebagai antibakteri, antijamur dan antioksidan. Vitamin B1 adalah salah satu vitamin yang digunakan sebagai terapi tambahan pada kandidiasis dan juga mengandung senyawa pirimidin yang dapat menghambat sintesis asam nukleat dan protein jamur. Penelitian ini bertujuan untuk menentukkan aktivitas kombinasi ekstrak etanol bawang putih dengan vitamin B1 terhadap daya hambat pertumbuhan Candida albicans. Pengujian zona hambat dilakukan dengan metode Kirby-Bauer. Hasil uji fitokimia ekstrak etanol bawang putih mengandung senyawa alkaloid, flavonoid dan saponin. Ekstrak etanol bawang putih diuji dengan beberapa konsentrasi yaitu 5µl EEBP dalam 995 µl DMSO, 10µl EEBP dalam 990 µl DMSO, 25µl EEBP dalam 975 µl DMSO, 50µl EEBP dalam 950µl DMSO, 100 µl EEBP dalam 900µl DMSO, 250µl EEBP dalam 750µl DMSO, 500µl EEBP dalam 500 µl DMSO, 750µl EEBP dalam 250µl DMSO, dan Ekstrak. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ekstrak etanol bawang putih memiliki aktivitas penghambatan terhadap Candida albicans pada konsentrasi 250µl EEBP dalam 750µl DMSO, 500µl EEBP dalam 500 µl DMSO, 750µl EEBP dalam 250µl DMSO, dan Ekstrak. bawang putih dengan diameter zona hambat masing-masing 1,348; 2,203; 2,77; dan 3,218 cm. Hasil penelitian kombinasi ekstrak etanol bawang putih dengan vitamin B1 tidak menunjukkan aktivitas yang signifikan dibandingkan dengan ekstrak etanol bawang putih tunggal. Kata kunci: Bawang putih, Kandidiasis, Candida albicans, Etanol.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK ETIL ASETAT BAWANG PUTIH (ALIUM SATIVUM LINN) DENGAN VITAMIN C TERHADAP AKTIVITAS CANDIDA ALBICANS (Rena Meutia, 2016)

PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK METILEN KLORIDA BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM LINN) DENGAN VITAMIN C TERHADAP AKTIVITAS CANDIDA ALBICANS (Teuku Edi Juanda, 2016)

PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK PETROLEUM ETER BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM LINN) DENGAN VITAMIN C TERHADAP AKTIVITAS CANDIDA ALBICANS (Nurul Khaira, 2015)

UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK ETIL ASETAT KULIT BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM LINN) TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR CANDIDA ALBICANS ISOLAT KLINIS (Nindaryani, 2017)

EFEK EKSTRAK ETANOL BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM) TERHADAP BEBERAPA JAMUR PATOGEN (CUT ERINA NOVAYANA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy