//

PEMANFAATAN GLUKOMANNAN ILES-ILES (AMORPHOPALLUS ONCHOPILLUS) SEBAGAI PENSTABIL EMULSI MINYAK DALAM AIR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BERLIANTA MARIA BR. GINTING - Personal Name

Abstrak/Catatan

Iles-iles (Amorphopallus onchopillus) adalah salah satu jenis tanaman dari marga Amorphallus yang termasuk ke dalam suku talas-talasan (Araceae). Pemanfaatan iles-iles dalam industri pangan ataupun non pangan masih sangat kurang, hal ini dikarenakan kurangnya perhatian masyarakat terhadap penggunaan tanaman ini. Manfaat lain iles-iles dalam industri obat dan makanan adalah penggunaan tepung iles-iles sebagai pengental (thickening agent), gelling agent dan pengikat air. Oleh karena itu, penelitian ini secara umum bertujuan untuk untuk menggunakan tepung iles – iles yang kaya akan kandungan glukomannan sebagai bahan penstabil emulsi minyak dalam air (m/a). Kestabilan emulsi m/a dilakukan dengan tiga tingkat konsentrasi minyak berbeda yaitu 20%, 30%, dan 40% dan emulsi yang terbentuk akan diukur tingkat stabilitasnya. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan 2 faktor. Faktor I adalah konsentrasi glukomannan (G) yang terdiri atas 2 taraf yaitu G1 = 0,5% dan G2 = 1% tidak masuk dalam perhitungan total emulsi. Faktor II adalah konsentrasi minyak (M) yang terdiri atas 3 taraf yaitu M1 = 20%, M2 = 30%, dan M3 = 40% dari total padatan emulsi. Percobaan dilakukan 3 kali ulangan, sehingga menghasilkan 18 satuan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan terbaik berdasarkan uji viskositas, uji emulsifying activity, uji mikroskopis droplet minyak dan batas-batas selama penyimpanan adalah konsentrasi glukomannan 1% dengan konsentrasi minyak 40%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN EKTRAKSI GLUKOMANNAN DARI UMBI ILES-ILES (AMORPHOPHALLUS ONCOPHILLUS) (Teuku Zuhaidi Fatoni, 2015)

PEMANFAATAN PATI GANYONG (CANNA EDULIS KERR) DAN PATI BENGKUANG (PACHIRRHYZUS EROSUS) MODIFIKASI SEBAGAI PENSTABIL EMULSI MINYAK DALAM AIR (Musalla Maton, 2017)

PENGARUH JENIS DAN KONSENTRASI PENSTABIL TERHADAP STABILITAS DAN KARAKTERISTIK NANOEMULSI MINYAK PALA (Ayu Simah Bengi, 2017)

OPTIMASI PROSES EMULSIFIKASI MINYAK PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) SEBAGAI BAHAN PENGAWET PANGAN ALAMI (FAKHRURRAZI, 2016)

PENGARUH JENIS DAN KONSENTRASI PENSTABIL TERHADAP KESTABILAN SIRUP ASAM JAWA (firah ramadhiana, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy