//

KEEFEKTIFAN CAMPURAN SERBUK PALA DAN LADA HITAM TERHADAP MORTALITAS SITOPHILUS ORYZAE DI PENYIMPANAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang aris afandi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis campuran serbuk pala dan lada hitam yang efektif untuk mengendalikan Sitophilus oryzae. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Hama Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh, sejak bulan April hingga Juni 2015. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial yang terdiri dari 6 perlakuan dengan 3 ulangan, sehingga terdapat 18 unit percobaan. Peubah yang diamati meliputi mortalitas imago S. Oryzae, lama imago yang muncul, jumlah F1 yang muncul dan persentase kerusakan beras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan campuran serbuk pala dan lada hitam terhadap mortalitas Sitophilus oryzae di penyimpanan terbaik dijumpai pada perlakuan 3g Serbuk Lada Hitam. Pemberian 3g serbuk lada hitam efektif untuk pengendalian hama S. oryzae di penyimpanan. Persentase kerusakan beras pada perlakuan dosis campuran serbuk pala dan lada hitam tertinggi pada kontrol dan persentase kerusakan beras terendah pada perlakuan 1,5g Serbuk Pala + 1,5g Serbuk Lada Hitam sehingga terjadi sinergisme pengendalian hama S. oryzae. Hal ini disebabkan semakin banyak bahan aktif serbuk pala dan lada hitam yang digunakan maka daya racunnya akan semakin besar. Kata kunci : Hama S. oryzae, serbuk pala dan lada hitam.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) SEBAGAI PESTISIDA ALAMI PADA HAMA KUMBANG BERAS (SITOPHILUS ORYZAE) (Cut Nia Audina, 2019)

EFIKASI BEBERAPA SERBUK NABATI SEBAGAI BIOINSEKTISIDA TERHADAP HAMA SITOPHILUS ZEAMAISMOTSCH. PADA JAGUNG DI PENYIMPANAN (Salasiah, 2017)

PENGARUH EKSTRAK DAUN MAHONI (SWITENIA MACROPHYLLA KING) TERHADAP MORTALITAS PADA HAMA KUTU BERAS (SITOPHILUS ORYZAE L.) (Fira Tasuti, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN SERBUK KASTUBA (EUPHORBIA PULCHERRIMA W.) DAN PATIKAN KEBO (EUPHORBIA HIRTA L.) TERHADAP MORTALITAS KUMBANG BERAS (SITOPHILUS ORYZAE L.) (COLEOPTERA:CURCULIONIDAE) (NABILLA RIZKIYA SYAHETI, 2020)

EFIKASI DOSIS BIJI NIMBA (AZADIRACHTA INDICA) DENGAN BERBAGAI BENTUK FORMULASI UNTUK MENGENDSLIKAN HAMA SITOPHILUS ORYZAE PADA BERAS DI PENYIMPANAN (Hafidhah Afriana, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy