//

PENGARUH RESIDU BIOCHAR DAN PEMBERIAN KOMBINASI KOMPOS DENGAN UREA TERHADAP SIFAT KIMIA INCEPTISOL PADA LAHAN YANG DITANAMI TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang sabaruddin sah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK SABARUDDIN SAH. Pengaruh Residu Biochar dan Pemberian Kombinasi Kompos Dengan Urea Terhadap Sifat Kimia Inceptisol Di Lahan Yang Ditanami Tanaman Jagung (Zea mays L.) di bawah bimbingan Sufardi sebagai pembimbing ketua dan Yadi Jufri sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh residu biochar dan pemberian kombinasi kompos dengan urea terhadap sifat kimia tanah Inceptisol di lahan yang di tanami jagung. Penelitian ini dilaksanakan di University Farm, Station Ie Seum kecamatan Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar dan analisis dilakukan di Laboratorium Kimia Tanah Fakultas Pertanian Unsyiah, Darussalam Banda Aceh. Penelitian ini dimulai dari Bulan Maret sampai dengan Bulan Desember 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial. Faktor yang diteliti adalah dosis residu biochar terdiri dari 2 taraf yaitu 0 ton/ha dan 30 ton/ha, dan kombinasi pupuk kompos dan urea terdiri 4 taraf yaitu kompos (0 ton/ha) dan urea (0 kg/ha), Kompos (0 ton/ha) dan urea (200 kg/ha), kompos (30 ton/ha) dan urea (0 kg/ha) dan kompos (30 ton/ha) dan urea (200 kg/ha), dengan demikian terdapat 8 kombinasi dan 4 ulangan sehingga diperoleh 32 unit percobaan. Parameter sifat kimia yang diamati meliputi pH H2O, N-total, P-tersedia, C-organik dan KTK tanah. Residu biochar berpengaruh nyata terhadap P-tersedia dan pemberian kombinasi pupuk kompos dan urea tidak berpengaruh nyata terhadap pH-H2O, N-total, P-tersedia, C-organik dan KTK tanah. Kata kunci : Residu biochar, kompos urea, Inceptisol

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KOMBINASI RESIDU BIOCHAR, KOMPOS DAN UREA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.) (Mohd. Chaliszar, 2014)

KERAGAMAN SERANGGA TANAH PADA LAHAN JAGUNG (ZEA MAYS L.) DENGAN KOMBINASI PUPUK KOMPOS, PUPUK UREA DAN RESIDU BIOCHAR (chunaizaturrahmah, 2014)

PENGARUH BLOTONG DAN KOMPOS JERAMI PADI TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH, SERAPAN HARA SERTA PERTUMBUHAN JAGUNG ( ZEA MAYS L. ) PADA ANDISOL (SUBHAN, 2016)

KERAGAAN PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS JAGUNG (ZEA MAYS L.) AKIBAT KOMBINASI PUPUK ORGANIK DAN ANORGANIK PADA LAHAN KERING (NURLAILI, 2016)

PEMBERIAN LIMBAH PANEN PADI SEBAGAI PEMBENAH TANAH UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI PADI LOKAL DI KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE (OMI WAHYUNI KASARI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy