//

PENGARUH FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA (FMA) DAN PUPUK KOTORAN KELINCI PADA TANAH TUMPUKAN LIMBAH UBI TERHADAP SIFAT BIOLOGI DAN KIMIA TANAH DAN PERTUMBUHAN BUNGA MATAHARI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang USWATUN HASANAH HELMI - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENGARUH FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA (FMA) DAN PUPUK KOTORAN KELINCI PADA TANAH TUMPUKAN LIMBAH UBI TERHADAP SIFAT BIOLOGI DAN KIMIA TANAH DAN PERTUMBUHAN BUNGA MATAHARI Abstrak Suatu penelitian telah dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari fungi mikoriza arbuskula dan pupuk kotoran kelinci serta interaksi keduanya terhadap kolonisasi akar oleh FMA, sifat biologi dan kimia tanah, serta pertumbuhan tanaman bunga matahari. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pagar Air Kabupaten Aceh Besar, Laboratorium Biologi Tanah Fakultas Pertanian Unsyiah, Laboratorium Kimia Tanah Fakultas Pertanian Unsyiah dan Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Banda Aceh yang dilaksanakan pada bulan Juni 2013 sampai Maret 2014. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor dengan 3 ulangan. Faktor-faktor yang diteliti yaitu inokulasi FMA (F) yang terdiri dari 2 taraf yaitu tanpa inokulasi FMA (F0) dan inokulasi FMA (F1), dan pupuk kotoran kelinci (K) yang terdiri dari 4 taraf yaitu tanpa pupuk kotoran kelinci (K0), 10 ton/ha (K1), 20 ton/ha (K2), dan 30 ton/ha (K3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungi mikoriza arbuskula berpengaruh tidak nyata terhadap pertumbuhan bunga matahari, akar terinfeksi FMA, sifat biologi dan kimia pada tanah limbah ubi. Sedangkan pupuk kotoran kelinci berpengaruh tidak nyata terhadap pertumbuhan bunga matahari, akar terinfeksi FMA dan sifat biologi pada tanah limbah ubi, tetapi pada sifat kimia pupuk kotoran kelinci berpengaruh tidak nyata terhadap C-organik dan N-total, namun berpengaruh nyata terhadap P-tersedia pada tanah tumpukan limbah ubi. Tidak terdapat interaksi pada semua perlakuannya. Kata Kunci : fungi mikoriza arbuskula, pupuk kotoran kelinci, limbah ubi, bunga matahari

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBERIAN LIMBAH KOPI, EM-4 DAN MIKORIZA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TANAH DAN PERTUMBUHAN BIBIT KOPI ARABIKA GAYO-1 (COFFEA ARABICA L.) (DJODI HARCU SANTOSO, 2014)

PENGARUH FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ.) PADA ULTISOL DAN HISTOSOL (M.alfi Chairi, 2017)

PENGARUH JENIS TANAH DAN DOSIS FUNGI MIKORIZA ARBUSKULAR TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH SERTA PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI(GLYCINE MAX L. MERRIL) (Nurmasyitah, 2014)

PENGARUH FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA DAN PUPUK KANDANG TERHADAP SERAPAN HARA SERTA PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG HIJAU (PHASEOLUS RADIATUS L.) PADA ULTISOL (JULIANI ANATA LUBIS, 2021)

PENGARUH FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA INDIGENOUS DAN PUPUK ROCK PHOSPHATE TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ.) DI MAIN NURSERY PADA HISTOSOL (MUHAMMAD IQBAL, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy