//

UJI KEPEKAAN BERBAGAI INSTAR NIMFA KEPIK HIJAU (NEZARA VIRIDULA L.) AKIBAT PERLAKUAN INSEKTISIDA DELTAMETRIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang irhamsyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

UJI KEPEKAAN BERBAGAI INSTAR NIMFA KEPIK HIJAU (Nezara viridula L.) AKIBAT PERLAKUAN INSEKTISIDA DELTAMETRIN Irhamsyah1), Husni2), Sayuthi2) 1)Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, 2)Staf Pengajar Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, ABSTRACT Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui instar nimfa N. viridula yang paling peka akibat pemberian insektisida deltametrin. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Hama Tanaman, Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Penelitian ini berlangsung sejak Maret sampai Desember 2014. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial, dengan 5 perlakuan yaitu instar I, instar II, instar III, instar IV dan instar V. Tiap perlakuan diulang sebanyak 4 kali sehingga jumlah unit percobaan sebanyak 20 unit percobaan. Peubah yang diamati meliputi mortalitas N. viridula, rata-rata waktu kematian N. viridula dan persentase nimfa yang menjadi imago. Hasil penelitian menunjukan kematian 100% N. viridula mulai terjadi hari pertama pada nimfa instar I dan II. Hal ini disebabkan kepekaan nimfa instar I dan II terlalu tinggi terhadap insektisida deltametrin, sedangkan tingkat mortalitas nimfa instar III, IV dan V pada pengamatan 1 HSA masing-masing adalah 42,5%, 37,5%, dan 45%. Pengamatan 2 HSA menunjukkan bahwa pada perlakuan instar IV tingkat mortalitas mencapai 75,5% sedangkan antara perlakuan instar III dan V tidak terdapat perbedaan yang nyata yaitu masing-masing 50% dan 55%. Sedangkan waktu kematian N. viridula paling cepat terjadi pada nimfa instar I dan II yaitu 1 HSA. Sedangkan pada perlakuan nimfa instar III dan V tidak menunjukan perbedaan yang nyata yaitu 2,6 dan 2,9 HSA yang secara statistik berbeda sangat nyata dibandingkan perlakuan nimfa instar IV yaitu 3,8 HSA. Persentase imago N. viridula yang muncul akibat perlakuan insektisida deltametrin terdapat pada perlakuan nimfa instar IV yaitu 17,5%. Aplikasi insektisida deltametrin dengan dosis 0,5 ml/l air terhadap hama N. viridula sangatlah efektif karena deltametrin merupakan insektisida golongan piretroid yang bekerja secara cepat. Kata kunci: Deltametrin, instar, nimfa, N. viridula, dan rancangan acak lengkap non faktorial.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEEFEKTIFAN CENDAWAN ENTOMOPATOGEN METARHIZIUM ANISOPLIAE (METSCH) SEBAGAI BIOINSEKTISIDA TERHADAP KEPIK HIJAU (NEZARA VIRIDULA L.) PADA STADIA PERKEMBANGAN YANG BERBEDA (AHMAD ALWI AZHARI, 2018)

PENGARUH PUPUK KOMPOS PADA BEBERAPA VARIETAS TANAMAN PADI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SERTA TINGKAT SERANGAN KEPIK HIJAU (NEZARA VIRIDULA L) (rahmad hidayat, 2015)

PEMANFAATAN EKSTRAK DAUN JERUK PURUT (CITRUS HYSTRIX) SEBAGAI INSEKTISIDA ALAMI PEMBASMI LARVA INSTAR III CULEX SP (Rika Novera, 2016)

UJI AKTIVITAS LARVASIDA MINYAK ATSIRI SEREH WANGI (CYMBOPOGON NARDUS L.) TERHADAP MORTALITAS LARVA AEDES AEGYPTI INSTAR III (Khusnul Amra, 2015)

UJI EFEKTIFITAS EKSTRAK METANOL CABAI HIJAU (CAPSICUM ANNUUM L. VAR. ANNUUM) TERHADAP KEMATIAN LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI INSTAR III (Hendra Dwitanto, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy