//

PERANAN PELABUHAN PERIKANAN KUALA IDI TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA NELAYAN SEKITAR KUALA IDI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZUL AIBAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Provinsi Aceh merupakan salah satu daerah yang tinggi dalam pemanfaatan sebuah pelabuhan, hal ini tergambarkan sebanyak 10 buah pelabuhan perikanan yang ada di Provinsi Aceh yang tersebar di 7 kabupaten/Kota. Dari total 10 pelabuhan yang ada di Provinsi Aceh 1 diantaranya yang baru dibangun adalah Pelabuhan Perikanan Idi Kabupaten Aceh Timur dimana pelabuhan tersebut salah satu pelabuhan yang sangat strategi, dimana posisinya yang berada di daerah selat malaka yang merupakan jalur transportasi laut internasional dan menjadikanya sebagai salah satu gerbang pemasaran produk laut yaitu ikan keluar negeri. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Idi Kabupaten Aceh Timur, dengan objek penelitian yaitu pada nelayan yang berada di sekitar kawasan pelabuhan perikanan Kuala Idi yang terdiri dari Toke Bangku, Pawang Laoet dan anak buah kapal (ABK). Adapun ruang lingkup penelitian ini mencakup peranan kawasan pelabuhan perikanan Kuala Idi dalam peningkatan pendapatan nelayan sebelum dan sesudah pembangunan kawasan pelabuhan perikanan Kuala Idi. Dengan model analisis uji statistik ‘t’ berhubungan adalah uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan pendapatan para nelayan dimana sebelum ada PPI hanya sebesar Rp. 19.671.411 per bulan, sedangkan setelah ada PPI pendapatan nelayan meningkat sebesar Rp. 31.051.803 per bulan atau adanya peningkatan sebesar RP.11.380.392 per bulan Adapun saran yang dapat diberikan kepada masyarakat yaitu diharapkan agar mampu menekan besarnya biaya operasional dengan cara melakukan efisien terhadap kegiatan melaut, selain itu diharapkan kepada para masyarakat agar menggunakan peralatan yang mendukung sehingga lokasi atau kawasan ikan yang banyak dapat diketahui salah satunya menggunakan GPS (Global Position System) atau sensor Ikan Kata Kunci : Pendapatan, Nelayan, Pelabuhan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA DI BANDA ACEH (Ade Setiawan, 2014)

ANALISIS PEMBAGIAN HASIL DAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA NELAYAN (STUDI KASUS PELABUHAN PERIKANAN LAMPULO KOTA BANDA ACEH) (Linda Dwi Rezeki, 2016)

ANALISIS INDEKS KINERJA PENGELOLA DAN INDEKS KEPUASAN PENGGUNA DI PELABUHAN PERIKANAN LABUHANHAJI, ACEH SELATAN (MUAMMAR RAZAQ, 2020)

PENDAPATAN NELAYAN: KAJIAN TERHADAP PENDAPATAN BERDASARKAN SISTEM BAGI BASIL TRADISIONAL (STUDI KASUS: PELABUHAN PANTAI LAMPULO BANDA ACEH) (Arwin, 2020)

KAJIAN PERAN PSDKP (PENGAWASAN SUMBERDAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN) DAN PERSEPSI NELAYAN TERHADAP PELAYANAN KEBERANGKATAN KAPAL PENANGKAPAN IKAN DI PERAIRAN KUALA IDI ACEH TIMUR (Hardiansyah, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy