PENGARUH DOSIS MIKORIZA DAN VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN, PRODUKSI DAN VIABILITAS BENIH CABAI LOKAL (CAPSICUM ANNUM L.) PADA ULTISOL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH DOSIS MIKORIZA DAN VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN, PRODUKSI DAN VIABILITAS BENIH CABAI LOKAL (CAPSICUM ANNUM L.) PADA ULTISOL


Pengarang

ABDURRAHMAN - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0905101060023

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

“Pengaruh Dosis Mikoriza dan Varietas Terhadap Pertumbuhan, Produksi dan Viabilitas Benih Cabai (Capsicum annuum L.) pada Ultisol”


Abdurrahman. Syamsuddin dan Syafruddin
Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis mikoriza dan varietas terhadap pertumbuhan, produksi dan viabilitas benih cabai lokal pada ultisol. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan, Laboratorium Ilmu dan Teknologi Benih Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh yang dilaksanakan pada bulan Desember 2014 sampai dengan Maret 2015. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial. Faktor pertama yaitu dosis Mikoriza (0, 5, 10, dan 15 g/tanaman). Faktor kedua yaitu Varietas (V1, V2 dan V3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dosis Mikoriza berpengaruh sangat nyata terhadap Jumlah Buah, Berat Buah serta Persentase akar yang terinfeksi mikoriza, namun berpengaruh nyata terhadap Jumlah Cabang Produktif serta tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan diameter pangkal batang umur 15, 30 dan 45 HST , potensi tumbuh, daya berkecambah, kecepatan tumbuh, keserempakan tumbuh, dan indeks vigor. Dosis Mikoriza Terbaik dijumpai pada M3 (15 gram/tanaman). Perlakuan varietas berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 30, 45 HST, diameter pangkal batang umur 45 dan cabang produktif, jumlah buah pertanaman, berat buah pertanaman dan persentase akar yang terinfeksi mikoriza, namun berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 15 HST, serta berpengaruh tidak nyata terhadap diameter pangkal batang umur 15, 30 HST, potensi tumbuh, daya berkecambah, kecepatan tumbuh, keserempakan tumbuh, dan indeks vigor. Varietas terbaik dijumpai pada V1 (Varietas Kopay). Tidak terdapat interaksi antara perlakuan dosis mikoriza dan varietas.

Kata kunci: Mikoriza, Varietas dan Viabilitas Benih Cabai

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK