PENGARUH NAUNGAN TERHADAP PERTUMBUHAN, PRODUKSI DAN MUTU BENIH PADA BEBERAPA VARIETAS KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGAEA L.) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH NAUNGAN TERHADAP PERTUMBUHAN, PRODUKSI DAN MUTU BENIH PADA BEBERAPA VARIETAS KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGAEA L.)


Pengarang

HUSNUR RIJAL - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0905101050100

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agroteknologi (S1) / PDDIKTI : 54211

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PENGARUH NAUNGAN TERHADAP PERTUMBUHAN,
PRODUKSI DAN MUTU BENIH PADA BEBERAPA VARIETAS
KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)

Husnur Rijal1), Syamsuddin2), Taufan Hidayat2)
1)Alumni Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Unsyiah,
2)Staf Pengajar Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Unsyiah


ABSTRACT
Pengaruh Naungan Terhadap Pertumbuhan, Produksi dan Mutu Benih Beberapa Varietas Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh naungan dan varietas terhadap pertumbuhan, produksi, dan kualitas benih kacang tanah. Penelitian ini berlangsung dari Mei sampai Oktober 2014, dilaksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Petak Terpisah (Split Plot Design) dengan dua faktor perlakuan. Petak utama yang digunakan adalah naungan terdiri dari tiga taraf yaitu tanpa naungan (0%), naungan 30% dan naungan 60%. Penggunaan varietas sebagai anak petak terdiri dari tiga taraf yaitu Varietas Jerapah, Varietas Kancil dan Varietas Kelinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan naungan berpengaruh sangat nyata terhadap beberapa parameter yang diamati. Hasil pengamatan terbaik dijumpai pada perlakuan tanpa naungan (0%) dan dapat dijumpai pada parameter tinggi tanaman umur 3 dan 4 MST, jumlah polong bernas, berat polong per tanaman, berat biji pertanaman, berat 100 biji, potensi hasil per hektar, potensi tumbuh. Namun berpengaruh nyata terhadap daya berkecambah dan kecepatan tumbuh. Terdapat interaksi yang berpengaruh sangat nyata antara naungan dan varietas pada parameter tinggi tanaman umur 2, 3, dan 4 MST, diameter batang umur 3, 4 MST dan berat 100 biji. Interaksi terbaik terdapat pada perlakuan tanpa naungan (0%) varietas Kancil yang tidak berpengaruh nyata dengan naungan 30% (N1) namun berpengaruh nyata terhadap perlakuan naungan 60% (N2).

Kata kunci : Kacang tanah, Naungan, Varietas


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK