//

INTERPRETASI DATA VERY LOW FREQUENCY (VLF) PADA KAWASAN BENTENG KUTA LUBOK, LAMREH, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nasrul - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian untuk pemetaan sisa-sisa bangunan Benteng Kuta Lubok dengan menggunakan metode Very Low Frequency (VLF) di Desa Lamreh, Mesjid Raya, Aceh Besar. Metode VLF adalah metode elektromagnetik yang memanfaatkan gelombang radio yang berfrekuensi rendah (15-30 kHz). Pada penelitian ini data tilt dan ellips medan magnetik dari frekuensi 22.3 kHz dan 18.3 kHz diukur dengan distribusi station mencakupi luasan areal sisa-sisa bangunan Benteng. Data pengukuran menunjukkan nilai tilt dan ellips bervariasi secara spasial yang mengindikasikan keberadaan sisa-sisa bangunan Benteng. Anomali nilai tilt dan ellips menunjukkan adanya kelurusan pola kontur sepanjang 22 lintasan pengukuran kearah timur pada daerah yang tidak ada sisa-sisa bangunan benteng diatas permukaan. Berdasarkan nilai tilt tersebut dihitung juga nilai rapat muatan dengan perhitungan Karous-Hjelt. Kelurusan pola kontur ini dipertegas dengan nilai rapat muatan yang rendah di sepanjang lintasan pengukuran. Berdasarkan analisa data tersebut, sisa-sisa bangunan benteng tidak hanya berada di lokasi bangunan benteng, tetapi juga menunjukkan adanya indikasi sisa-sisa bangunan benteng terbentang luas kearah timur pada garis pantai sepanjang 420 m. Kata Kunci : Very Low Frequency (VLF). Nilai tilt, arkeologi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMETAAN SITUS KUTA LUBOK BERDASARKAN DATA VERY LOW FREQUENCY (VLF) (Muhammad Yanis, 2013)

STUDI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS 2D PADA KAWASAN BENTENG KUTA LUBOK, DESA LAMREH ACEH BESAR (tarmizi, 2013)

INTERPRETASI DATA VERY LOW FREQUENCY (VLF) PADA KAWASAN BENTENG KUTA LUBOK, LAMREH, ACEH BESAR (Nasrul, 2015)

APLIKASI METODE GEOMAGNETIK UNTUK PEMETAAN BENTENG LUBOK DI KAWASAN LAMREH, ACEH BESAR (Fauzi Andika, 2014)

IDENTIFIKASI SEBARAN PASIR BESI DI PESISIR PANTAI BENTENG LUBOK, DESA LAMREH, ACEH BESAR MENGGUNAKAN METODE VERY LOW FREQUENCY (VLF-R) (MIFTHAHUL JANNAH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy