//

PENGARUH KADAR AIR AWAL DAN KELEMBABAN RUANG SIMPAN TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR PADA BENIH KAKAO (THEOBRAMA CACAO L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhasanah - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Nurhasanah.“Pengaruh Kadar Air Awal dan Kelembaban Ruang Simpan terhadap Viabilitas dan Vigor pada Benih Kakao (Theobrama cacao L.)” di bawah bimbingan Halimursyadah sebagai pembimbing utama dan Agam Ihsan Hereri sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kadar air awal benih kakao dan kelembaban ruang simpan yang berbeda terhadap viabilitas dan vigor benih kakao. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Benih, Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Desember sampai dengan bulan Februari 2013. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap pola faktorial dengan tiga kali ulangan. Faktor yang diteliti ada dua faktor yaitu faktor kadar air awal (K) dengan tiga taraf yaitu 20%, 30% dan 40% dan faktor kelembaban ruang simpan (R) dengan tiga taraf yaitu 40%, 60% dan 80 %. Parameter yang diamati meliputi potensi tumbuh, daya berkecambah, T50 (hari), kecepatan tumbuh, dan indeks vigor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kadar air awal benih 20%, 30% dan 40% tidak berpengaruh nyata terhadap potensi tumbuh, daya berkecambah, T50, kecepatan tumbuh dan indeks vigor. Kadar air awal cenderung terbaik dijumpai pada kadar air awal 20%. Faktor Kelembaban ruang simpan 40%, 60% dan 80% berpengaruh sangat nyata terhadap potensi tumbuh, daya berkecambah, kecepatan tumbuh dan indeks vigor, serta tidak berpengaruh nyata terhadap T50. Kelembaban ruang simpan terbaik dijumpai pada kelembaban ruang simpan 60%. Terdapat interaksi sangat nyata antara kadar air awal benih dan kelembaban ruang simpan terhadap potensi tumbuh, daya berkecambah, kecepatan tumbuh, T50 dan indeks vigor. Hasil terbaik dijumpai pada kadar air awal 30% dengan kelembaban ruang simpan 60%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

VIABILITAS DAN VIGOR BENIH KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) PADA BEBERAPA TARAF KADAR AIR DAN LAMA PERIODE SIMPAN (Saiful Bahri, 2019)

PENGARUH KELEMBABAN NISBI UDARA RUANG SIMPAN DAN LAMA PERIODE SIMPAN TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR BENIH KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERRIL) (muntasir, 2013)

PENGARUH KELEMBABAN NISBI UDARA RUANG SIMPAN DAN PERIODE SIMPAN TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR BENIH KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) (Sendika Mentari Arzal, 2014)

PENGARUH TINGKAT KEKERASAN BUAH DAN POSISI BENIH DALAM BUAH TERHADAP VIABILITAS BENIH KAKAO (THEOBRAMA CACAO L.) (andriansyah, 2015)

PENGARUH RIZOBAKTERI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN DAN PUPUK KANDANG TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR KEKUATAN TUMBUH BENIH KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) (Hengki Hermawan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy