//

ANALISIS KONTRIBUSI USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA KERAJINAN ROTAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HERRY KURNIAWAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ANALISIS KONTRIBUSI USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA KERAJINAN ROTAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR Herry Kurniawan / Agribisnis Universitas Syah Kuala ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pendapatan yang diberikan oleh usaha industri rumah tanggga kerajinan rotan dan kontribusinya terhadap pendapatan rumah tangga pengrajin rotan. Penelitian ini dilakukan di wilayah Lhoknga Kabupaten Aceh Besar yang berada di 4 (empat) desa dengan mayoritas penduduk dari sebahagian masyarakat rata-rata memiliki keterampilan membuat kerajinan rotan. Metode pengambilan sampel adalah dengan menggunakan metode acak sederhana (Simple Random Sampling), dikarenakan bahwa populasi cenderung homogen. Sampel yang di ambil adalah 30 orang atau 50% dari jumlah populasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan di wilayah Lhoknga menunjukkan bahwa usaha industri rumah tangga kerajinan rotan memberikan pendapatan sebesar Rp. 24.720.000,-/Tahun atau rata-rata pendapatan Rp. 2.060.000,-/Bulan, dengan total pendapatan rumah tangga pengrajin rotan berjumlah Rp. 44.620.000,-/Tahun. Kontribusi pendapatan yang diberikan dari usaha industri rumah tangga kerajinan rotan adalah sebesar 55,4% atau Rp. 24.720.000,-/Tahun. Hal ini menunjukan bahwa pendapatan yang diterima pengrajin lebih besar dari UMP yang ditetapkan yaitu senilai Rp. 1.750.000,-/Bulan. Kata Kunci : Pendapatan, Kontribusi Pendapatan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA KERA.JINAN ROTAN DI DESA KUEH KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Haryana, 2021)

FAKTOR-FAKTOR YANG RNMEMPENGARUHI TRANSFORMASI TENAGA KERJA WANITA DARI PERTANIAN KE RNINDUSTRI KERAJINAN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Rauzatul Azani, 2014)

PENGELOLAAN USAHA KERAJINAN ROTAN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA (Niazah, 2014)

ANALISIS KONTRIBUSI PENDAPATAN PENGRAJIN WANITA PADA INDUSTRI BATU BATA DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA (Darwina, 2020)

PERANCANGAN ALAT PEMBELAH ROTAN DENGAN METODE PERANCANGAN KONSEPTUAL (STUDI KASUS DI DESA KUEH, ACEH BESAR) (Fajar Mubaraq, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy