//

PENGARUH SUHU RENDAH DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS BUAH TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang novia ismuldewi - Personal Name

Abstrak/Catatan

NOVIA ISMULDEWI. 0805101050023. Pengaruh Suhu Rendah dan Lama Penyimpanan Terhadap Kualitas Buah Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) dibimbing Rita Hayati sebagai ketua dan Erida Nurahmi sebagai anggota. Buah tomat merupakan komoditi yang tergolong sangat mudah rusak yang bisa terjadi karena penanganan pasca panen yang tidak baik. Untuk mencegah hal tersebut, perlu dilakukan suatu usaha untuk mempertahankan mutu buah tomat dengan memperpanjang masa simpannya. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah penggunaan suhu rendah dan lama penyimpanan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah suhu rendah dan lama penyimpanan berpengaruh nyata terhadap kualitas tomat, dan apakah terdapat interaksi antara suhu rendah dan lama penyimpanan terhadap kualitas tomat. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala yang berlangsung sejak bulan September hingga Oktober 2014. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 3 x 3 dengan tiga ulangan yang terdiri atas 2 faktor. Faktor pertama yaitu suhu rendah yang terdiri atas 5 0C, 10 0C, dan 15 0C. Sedangkan faktor kedua yaitu lama penyimpanan yang terdiri dari 1 minggu, 2 minggu, dan 3 minggu. Peubah yang diamati adalah susut bobot, kadar air, kandungan vitamin C, warna dengan penentuan nilai L (kecerahan), nilai a (merah), nilai b (kuning), dan kandungan likopen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu rendah untuk penyimpanan berpengaruh sangat nyata terhadap kandungan vitamin C, warna nilai b (kuning), dan kandungan likopen. Sedangkan perlakuan lama penyimpanan berpengaruh sangat nyata terhadap susut bobot, warna nilai a (merah), dan kandungan likopen. Kesimpulan hasil penelitian bahwa interaksi antara perlakuan suhu rendah dan lama penyimpanan terhadap masa simpan buah tomat yang diamati dari peubah susut bobot. Perlakuan suhu rendah dan lama penyimpanan 10 °C dan 1 minggu merupakan kombinasi perlakuan terbaik. Suhu rendah untuk penyimpanan berpengaruh terhadap masa simpan buah tomat yang dilihat dari peubah susut bobot, kadar air, dan vitamin C. Taraf perlakuan suhu rendah untuk penyimpanan terbaik ditemukan pada suhu 10 °C. Sedangkan lama penyimpanan buah tomat yang dilihat dari peubah susut bobot dan kandungan likopen berpengaruh nyata terhadap kadar air, kandungan vitamin C dan warna. Taraf perlakuan lama penyimpanan terbaik ditemukan pada lama penyimpanan 3 minggu.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERUBAHAN LAJU ALIRAN DAN PH SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH KONSUMSI BUAH TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL, VAR. COMMUNE BAILEY) (STUDI PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2017) (INTAN MASTURA, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KASCING DENGAN BERBAGAI DOSIS TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL) DI GAMPONG ULEE ATEUNG KECAMATAN MADAT KABUPATEN ACEH TIMUR (Muhammad Husaini, 2014)

PENGARUH KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA L.) TERHADAP UMUR SIMPAN BUAH TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Sartika, 2015)

PERUBAHAN MUTU TOMAT (LYCOPERSICON ESCULENTUM MILL.) DENGAN VARIASI KONSENTRASI GEL LIDAH BUAYA (ALOE VERA L.) DAN SUHU PENYIMPANAN (Rina Marwina, 2016)

: EFEKTIVITAS RIZOBAKTERI KANDIDAT AGENS BIOKONTROL TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN KOLONI PHYTHIUM SP SERTA PENGARUHNYA TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR DUA VARIETAS BENIH TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Annisa Humaira, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy