//

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) AKIBAT PERLAKUAN PUPUK KANDANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Rival Fadrian - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil beberapa klon ubi jalar serta ada tidaknya interaksi antara kedua faktor tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bathin Wih Pongas Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah dengan ketinggian ±1400 m diatas permukaan laut yang berlangsung sejak bulan Maret sampai dengan Agustus 2014. Penelitian ini menggunakan rancangan petak terbagi (Split Plot Design) dengan pola perlakuan rancangan acak kelompok. Penelitian ini terdiri atas 2 faktor. Faktor pertama yaitu perlakuan pupuk kandang yang terdiri atas tanpa pupuk dan pupuk kandang 20 ton/ha. Faktor kedua yaitu perlakuan klon yang terdiri dari klon CIP – MAN, CIP – 513, CIP – WH1-5, CIP – W104, CIP – B19, CIP – GA, SAREE 1 dan SAREE 2. Parameter yang diteliti yaitu persentase tumbuh (%), vigoritas sulur, penampilan umum umbi, berat berangkasan basah (kg), berat umbi besar (kg), jumlah umbi besar (umbi), berat umbi kecil (kg), jumlah umbi kecil (umbi), warna kulit dan daging umbi, hasil umbi total (ton/hektar) dan persentase berat kering umbi (%). Hasil penelitiaan ini menunjukkan bahwa dosis pupuk kandang berpengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan dan hasil pada peubah vigoritas sulur, jumlah umbi besar, berat umbi besar, dan hasil umbi total. Berpengaruh 6 nyata terhadap berat berangkasan dan berpengaruh tidak nyata terhadap penampilan umum umbi, dan persentase tumbuh. Hasil ubi jalar yang lebih baik dijumpai pada dosis pupuk kandang 20 ton/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klon berpengaruh sangat nyata pada peubah persentase tumbuh, vigoritas sulur, penampilan umum umbi, jumlah umbi besar, berat umbi besar dan hasil umbi total. Faktor klon berpengaruh nyata terhadap berat berangkasan, jumlah umbi kecil, dan berat umbi kecil. Klon ubi jalar terbaik dijumpai pada klon CIP – B19. Terdapat interaksi yang tidak nyata antara perlakuan pupuk kandang dengan klon terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman ubi jalar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) DI DATARAN RENDAH (Nurul Aini , 2016)

PENGARUH DOSIS PUPUK KALIUM TERHADAPPERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) DI DATARAN MENENGAH SAREE (Sarah Nadia, 2016)

UJI ADAPTASI BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) DI DATARAN RENDAH AKIBAT PERLAKUAN PUPUK KANDANG (Nur Kamalia, 2015)

UJI ADAPTASI BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) DI DATARAN RENDAH (Nur Aisyah, 2017)

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) AKIBAT PERLAKUAN PUPUK KANDANG (M. Rival Fadrian, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy