//

EVALUASI KONDISI DAERAH IRIGASI GEUNDRIENG KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ISWADI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAKIrigasi didefinisikan sebagai penggunaan air tanah untuk keperluan penyediaan air yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kondisi di Daerah Irigasi Geundrieng serta untuk mengetahui kuantitas dan kualitas air irigasi di Daerah Irigasi Geundrieng Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar sesuai kriteria baku mutu air irigasi untuk keperluan pertanian. Debit Sub DAS Krueng Daroy menunjukkan air tersedia saat musim penghujan dan pada saat musim kemarau. Akan tetapi, dikarenakan bangunan bendung tidak berfungsi, air tidak dapat dinaikkan ke pintu air irigasi. Hasil analisis kualitas air di Sub DAS Krueng Daroy pada bagian hulu, tengah dan hilir menurut baku mutu air kelas IV PP. No. 82 Tahun 2001 terhadap parameter DHL, Clorida, Boron, Sulfat dan SAR sangat memenuhi persyaratan untuk air irigasi. Masyarakat Desa Geundrieng khususnya P3A/Keujeruen Blang Bungong Padee menggunakan sawah sistem tadah hujan yang hanya 1 kali musim tanam padi/tahun, akan tetapi para petani masih mengalami kekeringan saat penanaman telah dilakukan dengan demikian para petani bergotong-royong menggunakan mesin pompa air untuk menyuplaikannya ke sawah dalam mengatasi kekeringan. Untuk memanfaatkan Kelemahan/Peluang (WO) yang didapatkan dalam strategi matrik SWOT yaitu dengan memfungsikan kembali bangunan bendung dan jaringan irigasi. Sehingga, P3A/Keujeruen Blang Bungong Padee dapat mengelola air pada saat musim penghujan untuk mengatasi kekeringan pada saat musim kemarau sehingga para petani dapat menanam 2 kali musim tanam padi/tahun.Kata kunci : Irigasi, Kualitas Air

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (DESRA SAHPUTRA, 2017)

EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN MANGGA (MANGIFERA INDICA L.) DAN RAMBUTAN (NEPHELIUM LAPPACEUN LINN.) DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Agus Ramadhan , 2016)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGELUARAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Faridah, 2020)

ANGKA CEMARAN MIKROB PADA TELUR PUYUH (COTURNIX-COTURNIX JAPONICA) DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Aulia Ulfizar, 2018)

PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH, ACEH BESAR (Fitria Cikita, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy