//

PENGARUH JENIS DAN DOSIS KOMPOS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KUBIS BUNGA (BRASSICA OLERECEA BOTRYTIS L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novi Parluhutan Tanjung - Personal Name
SubjectCOMPOST-FERTILIZERS
CABBAGE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Pengaruh Jenis dan Dosis Kompos terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kubis Bunga (Brassica Oleracea botrytis L.). Novi Parluhutan Tanjung1), Jumini2), Erida Nurahmi3) 1)Mahasiswa Agroteknologi, 2) dan 3) Staf Pengajar Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Unsyiah ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan dosis kompos yang tepat serta interaksi antara kedua faktor tersebut terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kubis bunga. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh, berlangsung dari bulan Agustus 2014 hingga Januari 2015. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 3 x 3 dengan 3 ulangan yang terdiri dari 2 faktor. Faktor yang pertama yaitu jenis kompos yang terdiri atas 3 taraf: sekam padi, limbah bubuk kopi dan ampas tebu dan faktor yang kedua yaitu dosis kompos yang terdiri atas 3 taraf: 8, 20 dan 32 ton/ha. Pengamatan yang diteliti yaitu berat brangkasan basah, berat brangkasan kering, panjang akar, volume akar, rasio tajuk-akar, diameter bunga, berat massa bunga beserta daun/tanaman, berat massa bunga tanpa daun/tanaman dan potensi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor jenis kompos berpengaruh tidak nyata terhadap berat brangkasan basah, berat brangkasan kering, panjang akar, volume akar, rasio tajuk-akar, diameter bunga, berat massa bunga beserta daun/tanaman, berat massa bunga tanpa daun/tanaman dan potensi hasil. Jenis kompos relatif sama pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kubis bunga. Jenis kompos cenderung lebih baik dijumpai pada jenis kompos sekam padi. Pada faktor dosis kompos berpengaruh sangat nyata terhadap volume akar. Dosis kompos lebih baik dijumpai pada perlakuan 20 dan 32 ton/ha. Terdapat interaksi yang sangat nyata antara jenis dengan dosis kompos terhadap volume akar. Volume akar lebih besar dijumpai pada perlakuan jenis kompos ampas tebu dengan dosis kompos 20 dan 32 ton/ha. Kata Kunci: volume akar, ampas tebu, sekam padi, limbah bubuk kopi, dosis 20 ton/ha.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH UMUR BIBIT DAN DOSIS PUPUK ORGANIK PETROKIMIA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KUBIS BUNGA (BRASSICA OLERACEA BOTRYTIS L.) (Diah Fridayati, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BABADOTAN (AGERATUM CONYZOIDES) TERHADAP MORTALITAS ULAT GRAYAK SPODOPTERA LITURA PADA TANAMAN KUBIS BUNGA (BRASSICA OLERACEAE VAR. BOTRYTIS L.) (Mahdalena.mh, 2016)

PENGARUH DOSIS KOMPOS DAUN GAMAL TERHADAP KETERSEDIAAN FOSFOR DAN PERTUMBUHAN JAGUNG PADA TANAH ANDISOL SAREE KABUPATEN ACEH BESAR (fajri, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN KOMPOS LIMBAH KOPI DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG DAYAK (ELEUTHERINE PALMIFOLIA MERR) (Elwanda Farisz Ammar, 2020)

PENGARUH DOSIS PUPUK KOMPOS DAN NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (ALLIUM ASCOLANICUM L.) VARIETAS BREBES (IRNA SEPTIA SARY, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy