//

PENENTUAN KLASIFIKASI TIPE IKLIM SCHMIDT-FERGUSON DI KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang maulana indra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perubahan iklim dapat mengakibatkan berkurangnya produktivitas pada sektor seperti pertanian, sehingga banyak dari komoditas pertanian tidak sesuai lagi ditanam pada wilayah tertentu. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui keadaan iklim di suatu wilayah. Klasifikasi Schmidt-Ferguson digunakan untuk menentukan keadaan iklim setiap tahun. Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk menganalisis keadaan iklim melalui intensitas curah hujan secara spasial. Analisis spasial menggunakan data hasil pemantauan curah hujan dibeberapa titik pos pemantauan dalam wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar tahun 2008-2009. Metode SIG digunakan untuk mengolah data spasial dengan mengunakan ArcGIS 10.1, sehingga dapat memberikan informasi sebaran curah hujan dan zona tipe iklim Schmidt-Ferguson di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar. Hasil penelitian ini menunjukkan Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar memiliki 4 (empat) tipe iklim yaitu A (sangat basah), B (basah), C (agak basah) dan D (sedang). Mayoritas sebaran tipe iklim adalah tipe C dengan luas area sebesar 237.581,16 ha atau 80,166%, tipe B meliputi 30.482,48 ha atau 10,286%, tipe D meliputi 25.966,42 ha atau 8,762% dan tipe A meliputi 2.330,93 ha atau 0,786% dari luas total wilayah kajian. Kata Kunci: Perubahan Iklim, Curah Hujan, Klasifikasi Schmidt-Ferguson, SIG, Data Spasial, ArcGIS 10.1.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KARAKTERISTIK CRAH HUJAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Rosmanidar, 2015)

ANALISIS POTENSI KEKERINGAN DAN RENCANA MITIGASI DALAM PENGELOLAAN AIR PADA LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Zahrial Fakri, 2017)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS OBJEK WISATA KABUPATEN ACEH TAMIANG DAN KOTA LANGSA BERBASIS WEB (Sharfina Nurfitria. Z, 2020)

PEMETAAN INDEKS POTENSI LAHAN PERTANIAN KABUPATEN ACEH TENGAH MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) (Sri Haryani, 2019)

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS(SIG) TEMPAT LAYANAN KESEHATAN DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CI (DEDI SAPUTRA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy