//

HUBUNGAN GAYA BELAJAR VISUAL BERBASIS VIDEO DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI HAWA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STUDENTS
VIDEO
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : gaya belajar visual berbasis video, hasil belajar Penelitian ini adalah tentang hubungan gaya belajar visual berbasis video dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Gaya belajar visual adalah gaya belajar yang lebih menitikberatkan pada ketajaman penglihatan, artinya siswa yang bergaya belajar seperti ini mengandalkan penglihatan atau melihat dulu bukti, untuk kemudian bisa mempercayainya. Salah satu media yang cocok untuk anak yang bergaya belajar visual adalah video. Video adalah jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat dan cocok digunakan untuk berbagai ilmu pembelajaran. Sementara hasil belajar adalah prestasi belajar yang dicapai siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan gaya belajar visual berbasis video dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan gaya belajar visual berbasis video dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar visual berbasis video dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 9 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 9 yang diambil secara acak sebanyak 56 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes, sedangkan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi serial. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa rch = 0,2823 korelasi tersebut tergolong kedalam korelasi rendah. Selain itu, hasil dari penelitian diperoleh thitung > ttabel atau 2,1624 > 1,684, yang menunjukkan bahwa data tersebut signifikan yang artinya hipotesis yang diajukan oleh peneliti dapat diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar visual berbasis video dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 9 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 10 BANDA ACEH (Dewi Arsita, 2020)

HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTSN 1 BANDA ACEH (Ichsan Firmansyah, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA POWER POINT SISWA KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH (Alfina Dwiyaniza, 2018)

PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWADALAM MATA PELAJARAN IPS PADA SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (JULI DAMAYANTI, 2016)

THE USE OF VIDEO-BASED LEARNING FOR THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT (Riski Agustina, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy