//

ISOLASI,KAREKTERISASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM ASETAT DARI AIR NIRA AREN LOKAL (ARENGA PINNATA MERR.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fenny Wahyuni Maha - Personal Name

Abstrak/Catatan

Bakteri Asam Asetat (BAA) merupakan kelompok bakteri dengan karakteristik umum mempunyai kemampuan mengoksidasi alkohol dan gula. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengetahui karakteristik BAA yang berperan dalam aktivitas fermentasi asam asetat pada nira aren (Arenga pinnata Merr.). parameter yang diamati adalah morfologi koloni (bentuk, tepian, elevasi, dan warna isolat), morfologi sel dan pewarnaan gram, pengukuran kadar alkohol dan kadar asam (pH) serta aktivitas biokimia (indol, TSIA, MR-VP, Simmone citrate, katalase, motilitas dan oksidase). Dari hasil penelitian ini diperoleh empat isolat BAA yang merupakan kelompok bakteri gram negatif berbentuk batang. Keempatnya secara umum memiliki morfologi koloni yang berbeda yaitu berwarna krem, ungu dan tidak berwarna, berbentuk bundar, memiliki elevasi timbul dan tepian licin. Hasil uji biokimia menunjukkan bahwa keempatnya termasuk family Acetobacteraceae, genus Acetobacter dengan jenis Acetobacter aceti (Isolat BAA-01 Dan BAA-04) dan jenis Acetobacter xylinum (Isolat BAA-02 dan BAA-03). Kata kunci: Bakteri Asam Asetat (BAA), nira aren, karakterisasi bakteri, identifikasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN NIRA DAN GULA MERAH PADA BEBERAPA JENIS TUMBUHAN FAMILIA ARECACEAE (HUSNUL ZAHARA, 2017)

KAJIAN PUSTAKA PASCA PANEN DAN ISOALSI SENYAWA GALAKTOMANAN DARI BUAH AREN (ARENGA PINNATA MERR) (Muhammad Romzi Alwan Fauzi, 2021)

STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN AREN (ARENGA PINNATA (WURMB.) MERR.) PADA MASYARAKAT LOKAL KABUPATEN ACEH TENGAH (Hilmina Itawarnemi, 2016)

PERENDAMAN DAGING AYAM BROILER DENGAN CUKA AREN (ARENGA PINNATA MERR.) TERHADAP AWAL PEMBUSUKAN (THE SOAKING OF THE BROILER CHICKEN MEAT WITH NYPA SAP VINEGAR (ARENGA PINNATA MERR.) AT THE BEGINNING OF DETERIORATION) (ARINDYA ANDRIAN, 2021)

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI EDIBLE FILM DARI KITOSAN DAN PATI AREN ( ARENGA PINNATA MERR.) DENGAN PEMLASTIS GLISEROL (Nachdia Tauzahra, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy