//

WACANA PEMEKARAN DAERAH DI KABUPATEN ACEH SINGKIL ( STUDY KASUS PEMBENTUKAN KABUPATEN SINGKIL RAYA )

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMAT HIDAYAT MUNANDAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

Rahmat Hidayat Munandar, 2015 ABSTRAK WACANA PEMEKARAN DAERAH DI KABUPATEN ACEH SINGKIL. (Study kasus pembentukan Kabupaten Singkil Raya) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (x, 79), pp., bibl., app. (Dr. Mujibussalim SH, M.Hum. dan Ishak, SH, MH.) Wacana pembentukan Kabupaten Singkil Raya sudah lama menjadi isu sejak tahun 2010, wacana ini diprakarsai oleh tokoh – tokoh masyarakat di Kecamatan Gunung Meriah dan Kecamatan Simpang. Kecamatan yang akan tergabung dalam pembentukan Kabupaten Singkil Raya adalah Kecamatan Gunung Meriah, Simpang Kanan, Singkohor, Danau Paris, Kota Baharu, dan Kecamatan Suro. Masalah utama yang mendasari pemekaran ini adalah karena masih sangat minimnya pembangunan dan tidak meratanya pertumbuhan ekonomi di daerah ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan faktor yang melatarbelakangi munculnya pembentukan Kabupaten Singkil Raya, serta menjelaskan persepsi tokoh - tokoh masyarakat terhadap rencana pembentukan Kabupaten Singkil Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan dan penelitan lapangan. Penelitian lapangan dilakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer yang dilakukan dengan wawancara langsung kepada informan dan observasi. Sedangkan penelitian kepustakaan untuk memperoleh data sekunder berdasarkan buku-buku, undang - undang dan bacaan terkait. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang melatarbelakangi munculnya pembentukan Kabupaten Singkil Raya adalah minimnya pembangunan infrastruktur, minimnya lapangan pekerjaan, faktor letak geografis dan rentan kendali, serta faktor budaya dan bahasa. Persepsi tokoh – tokoh masyarakat terhadap wacana pembentukan Kabupaten Singkil Raya sepenuhnya mendukung karena pemekaran menjadi salah satu solusi untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diharapkan kepada panita pemekaran Kabupaten Singkil Raya untuk terus melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan pemerintahan Kabupaten Aceh Singkil dan Dewan Perwakilan Rakyat serta menjalin kerjasama dengan pihak swasta dan tokoh masyarakat untuk mewujudkan pemekaran daerah ini demi mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Kata Kunci: Pemekaran, Aceh Singkil, Pembangunan, Pembentukan Singkil Raya,

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KUALITAS PERAIRAN BERDASARKAN PARAMETER LOGAM CU DAN CD PADA SEDIMEN DI SUNGAI SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL (Saidin Isnaini Anak Ampun, 2018)

MEMBANGUN WEBSITE MTQ KE XXXIII KABUPATEN ACEH SINGKIL MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) JOOMLA 3.4 (Fuad Aminurrazi, 2016)

APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN PERKANTORAN PEMERINTAHAN KABUPATEN ACEH SINGKIL (Darma Arifin, 2020)

PERSEPSI MASYARAKAT KECAMATAN KLUET UTARA TERHADAP WACANA PEMBENTUKAN KABUPATEN ACEH SELATAN JAYA (M Khalil, 2017)

ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA PENANGKAPAN IKAN DENGAN JARING INSANG (GILL NET) DI KECAMATAN SINGKIL, KABUPATEN ACEH SINGKIL (Yuli Yarni, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy