PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII MTs NEGERI KUTA BARO ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2012/2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII MTs NEGERI KUTA BARO ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2012/2013


Pengarang

Aula Iwan Prala - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806103020087

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci : Penerapan, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), dan lingkaran

Rendahnya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor tersebut adalah model pembelajaran yang digunakan guru saat berlangsungnya proses pembelajaran. Cara mengatasi rendahnya prestasi belajar siswa di antaranya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan masalah penelitian adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) hasil belajar siswa dapat mencapai taraf berhasil pada materi lingkaran di kelas VIII MTs Negeri Kuta Baro Aceh Besar?.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi lingkaran di kelas VIII MTs Negeri Kuta Baro Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Kuta Baro Aceh Besar tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri 4 kelas. Untuk sampel dipilih 1 kelas secara random, yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan tes dengan soal berbentuk essay pada akhir pembelajaran, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan pengolahan data, dengan taraf signifikan ?=0,05 diperoleh t_Hitung >t_Tabel yaitu 4,92>1,73 dan sesuai dengan kriteria maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, “Melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) hasil belajar siswa dapat mencapai taraf berhasil pada materi lingkaran di kelas VIII MTs Negeri Kuta Baro Aceh Besar”.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK