//

PENERAPAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI LINGKARAN DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang UCI SAPITRI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Penerapan, Problem Based Instruction (PBI), Lingkaran Hingga saat ini hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi bangun datar masih belum maksimal, maka dari itu salah satu model yang relevan untuk membantu siswa agar mencapai hasil belajar yang maksimal adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Model PBI merupakan salah satu model pembelajaran yang diawali dengan penyajian masalah kontekstual yang dekat dengan kehidupan dan pengalaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui penerapan model pembelajaran PBI pada materi Lingkaran dengan hasil belajar siswa yang diajar melalui pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design bentuk Intact-Group Comparison. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banda Aceh, sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh berasal dari tes hasil belajar yang dilaksanakan setelah pembelajaran materi Lingkaran berakhir. Selanjutnya, data penelitian dianalisis menggunakan statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar melalui penerapan model pembelajaran PBI lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar melalui pembelajaran konvensional. Implikasi dari penelitian ini menyarankan kepada guru matematika untuk melaksanakan pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran PBI sehingga dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun sendiri pemahamannya melalui pemecahan masalah yang dekat dengan pengalamannya. Hal ini dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran matematika.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MATERI MINYAK BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMAN 6 BANDA ACEH (Ovi Arista Lubis, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH (nurhafidhah, 2013)

PENERAPAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI LINGKARAN DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (UCI SAPITRI, 2015)

A STUDY ON ENGLISH LANGUAGE TEACHING AT AL-IMTIYAAZ SEMI-HOME BASED SCHOOL BANDA ACEH (Zuhratul Hafni, 2019)

A DESCRIPTIVE STUDY ON TEACHING READING COMPREHENSION AT SMPN 16 BANDA ACEH (Maulizan ZA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy