PENERAPAN GAME THEORY DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN WARUNG KOPI DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN GAME THEORY DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN WARUNG KOPI DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

ISNARDI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1008101010044

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kota Banda Aceh memiliki keunikan berupa banyaknya warung kopi yang dibangun di daerah ini. Banyaknya warung kopi menyebabkan terjadi persaingan antar pemilik warung kopi, sehingga pemilik warung kopi membutuhkan suatu strategi optimal untuk bersaing dengan pemilik warung kopi lainnya. Penentuan strategi optimal warung kopi menggunakan game theory (teori permainan). Strategi yang dipakai adalah produk, harga, lokasi, promosi, orang, sarana fisik dan proses, dimana ketujuh strategi ini dikenal dengan istilah marketing mix. Adapun warung kopi yang digunakan adalah Solong Coffee, Dhapu Kupi, dan Zakir Warkop. Penentuan nilai suatu strategi dilakukan dengan mengsurvei pelanggan warung kopi. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode convening sampling, yang mana metode tersebut merupakan salah satu teknik pengambilan sampel tidak acak. Jumlah sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 96. Dari hasil pengambilan data diperolehlah bahwa 89% responden adalah laki-laki dan 11% adalah perempuan. Selanjutnya, jumlah responden terbanyak dengan kategori usia adalah responden dengan usia 20-30 tahun. Jumlah responden terbanyak dengan kategori pendidikan terakhir adalah Sarjana sebesar 54% dan jumlah responden dengan kategori pekerjaan adalah mahasiswa sebesar 36%. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa strategi optimal Solong Coffee menghadapi Dhapu Kupi dan Zakir Warkop adalah strategi produk. Strategi optimal Dhapu Kupi menghadapi Solong Coffee dan Zakir Warkop adalah strategi lokasi, sedangkan strategi optimal Zakir Warkop menghadapi Solong Coffee dan Dhapu Kupi adalah strategi sarana fisik.
Kata Kunci : Teori Permainan, Marketing Mix, convening sampling
?

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK