//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA IKAN KERAPU (EPINEPHELUS FUSCOGUTTATUS) KERAMBA JARING APUNG DI DESA DEAH BARO KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH (STUD KASUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NASRUL - Personal Name
SubjectINCOME
AGRICULTURAL - ECONOMICS ASPECTS
FISH BUSINESS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ikan kerapu merupakan salah satu komoditas perikanan yang paling penting yang mempunyai nilai jual cukup tinggi dan peluang ekonomi yang baik dipasaran domestik maupun pasar internasional. Pengembangan budidaya ikan kerapu dengan Keramba Jaring Apung (kajapung) menjadi alternatif untuk mengatasai kendala peningkatan produksi perikanan laut. Dengan teknologi budidaya keramba ini produksi ikan dapat dipasarkan dalam keadaan hidup. Tujuan penelitian adalah untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha ikan kerapu keramba jaring apung di Desa Deah Baro Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Untuk mengetahui jumlah produksi, harga ikan, tenaga kerja dan biaya produksi terhadap tingkat pendapatan usaha ikan kerapu Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan di Desa Deah Baro Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kasus (case study). Usaha ini dikelola oleh Bapak Agus Arianto di Desa Deah Baro Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha ini layak diusahakan hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai R/C ratio 2,62 yang berarti lebih besar dari 1 maka usaha mendapatkan keuntungan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah jumlah produksi, harga ikan, tenaga kerja dan biaya produksi berpengaruh nyata terhadap pendapatan usaha tambak ikan kerapu di Desa Deah Baro Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Kata kunci : Ikan Kerapu, Kajapung, Pendapatan, Ekonomi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS USAHA BUDIDAYA IKAN KERAPU MACAN (EPINEPHELUS FUSCOGUTATUS) DALAM KERAMBA JARING APUNG DI KOPERASI BINA DEAH MEURAXA KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Muslim, 2021)

ANALISIS PENDAPATAN USAHA BUDIDAYA IKAN DENGAN SISTEM KERAMBA JARING APUNG (KJA) DI DESA ULEE PAYA KECAMA AN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Irsha Zhaytami, 2020)

ALTERNATIF PEMILIHAN JENIS KERAPU PADA BUDIDAYA KERAMBA JARING APUNG (KJA) DI KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE (RIANA WATI, 2021)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN KERAPU LUMPUR (EPINEPHELUS TAUVINA) DAN IKAN KUWE (CARANX SEXFASCIATUS) DI KERAMBA JARING APUNG GAMPONG PANDE, BANDA ACEH (Mutia Lazita, 2014)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN PETANI BUDIDAYA IKAN KERAPU SISTEM KARAMBA JARING APUNG DENGAN TAMBAK DI KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA (Heriadi, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy