FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA IKAN KERAPU (EPINEPHELUS FUSCOGUTTATUS) KERAMBA JARING APUNG DI DESA DEAH BARO KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH (STUD KASUS) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA IKAN KERAPU (EPINEPHELUS FUSCOGUTTATUS) KERAMBA JARING APUNG DI DESA DEAH BARO KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH (STUD KASUS)


Pengarang

NASRUL - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0805102020027

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

338.13

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Ikan kerapu merupakan salah satu komoditas perikanan yang paling penting yang mempunyai nilai jual cukup tinggi dan peluang ekonomi yang baik dipasaran domestik maupun pasar internasional. Pengembangan budidaya ikan kerapu dengan Keramba Jaring Apung (kajapung) menjadi alternatif untuk mengatasai kendala peningkatan produksi perikanan laut. Dengan teknologi budidaya keramba ini produksi ikan dapat dipasarkan dalam keadaan hidup. Tujuan penelitian adalah untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha ikan kerapu keramba jaring apung di Desa Deah Baro Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Untuk mengetahui jumlah produksi, harga ikan, tenaga kerja dan biaya produksi terhadap tingkat pendapatan usaha ikan kerapu Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan di Desa Deah Baro Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kasus (case study). Usaha ini dikelola oleh Bapak Agus Arianto di Desa Deah Baro Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha ini layak diusahakan hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai R/C ratio 2,62 yang berarti lebih besar dari 1 maka usaha mendapatkan keuntungan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah jumlah produksi, harga ikan, tenaga kerja dan biaya produksi berpengaruh nyata terhadap pendapatan usaha tambak ikan kerapu di Desa Deah Baro Kecamatan Meuraxa Banda Aceh.

Kata kunci : Ikan Kerapu, Kajapung, Pendapatan, Ekonomi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK