//

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KONSEP DEMOKRASI DI KELAS VIII-I SMP NEGERI 2 MAKMUR KABUPATEN BIREUN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Juairiah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
STAD TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Penelitian ini mengkaji tentang “ Peningkatan Hasil Belajar Siswa MelaluiPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Konsep Demokrasi di Kelas VIII SMPN 2 Makmur Kabupaten Bireuen”. Pembelajaran merupakan proses belajar mengajar yang melibatkan siswa dan guru, peningkatan hasil belajar siswa dapat diusahakan oleh seorang guru dengan berbagai cara, baik dengan penggunaan metode atau strategi pembelajaran, kenyataan menunjukkan bahwa metode belajar mengajar yang digunakan guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar dan salah satunya adalah melalui penggunaan model pembelajaran STAD. Dengan fokus penelitian Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Konsep Demokrasi di Kelas VIII SMPN 2 Makmur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 20 orang SMPN 2 Makmur Kab. Bireuen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data dari lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai rata-rata 65, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 85% dari jumlah siswa keselurahan dalam satu ruangan. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka pada siklus I nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 86,45 atau terdapat 16 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 80% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus II nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 92 atau terdapat 18 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal kelas adalah 90% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan, pada siklus III nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 97,75 atau dengan kata lain semua siswa telah mencapai ketuntasan, dan ketuntasan klasikal kelas adalah 100% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Indikator kinerja dilakukan dengan tes untuk melihat rata-rata ulangan harian sehingga dapat diketahui hasil yang dicapai oleh siswa sesuai dengan KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada konsep demokrasi di kelas VIII SMPN 2 Makmur. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus pertama skor yang diperoleh 3,00 (baik), pada siklus II skor yang diperoleh 4,00 (sangat baik), pada siklus III skor yang diperoleh 4,00 (sangat baik). Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I skor yang diperoleh 2,20 (sedang), pada siklus II skor yang diperoleh 3,00 (baik), pada siklus III skor yang diperoleh 4,00 (sangat baik). Berdasarkan keterangan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dapat meningkat dengan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Asrawati, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANANDI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Sari Zahriati, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII-D SMP NEGERI 2 BENDAHARA (Yasnizar, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (SYAHRIAL, 2015)

PROFIL AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII-3 PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTSN RUKOH BANDA ACEH (IRFANDI RAHMAT, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy