ANALISIS DATA GRAVITY LOKAL PADA KAWASAN BERPOTENSI LONGSOR DI PAYA ATEUK, ACEH SELATAN, MENGGUNAKAN METODE GRAVITY | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS DATA GRAVITY LOKAL PADA KAWASAN BERPOTENSI LONGSOR DI PAYA ATEUK, ACEH SELATAN, MENGGUNAKAN METODE GRAVITY


Pengarang

Helmiadi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1008102010041

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Fisika (S1) / PDDIKTI : 45201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Survei metode gravitasi telah dilakukan pada kawasan Gunung Simpang Desa Paya Ateuk Aceh Selatan untuk memprediksi potensi terjadinya longsor. Data percepatan gravitasi diukur menggunakan alat Gravitimeter CG-5 AutoGrav. Pengkuran dilakukan dengan 5 lintasan di sebelah Selatan dan 5 lintasan disebelah Utara dengan panjang lintasan rata – rata 200 meter. Untuk data anomaliBouguer sederhana, data gravitasi dilakukan koreksi pasang surut, koreksi apungan, koreksi lintang, koreksi udara bebas dan koreksi Bouguer. Data hasil koreksi atau anomali Bouguer sederhana digunakan untuk pemetaan. Berdasarkannilai kontur anomali Bouguer sederhana dapat disimpulkan bahwa di sebelahUtara pada lintasan 9 dan 10 diperkirakan daerah rawan terjadinya longsor yangdibuktikan dengan adanya sumber mata air, sedangan di bagian tengah areapenelitian diperkirakan sedang terjadinya longsor slow flowage yang dibuktikan.
dengan adanya pepohonan yang miring.
Kata kunci : Metode gravity, longsor, anomali Bouguer sederhana.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK