//

HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA REMAJA PANTI ASUHAN KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bella Anugrah Fitri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kehidupan remaja di panti asuhan akan memengaruhi kondisi hidup remaja tersebut, salah satunya adalah kondisi psychological well-being. Kondisi psychological well-being remaja tersebut dapat dilihat dan dipengaruhi oleh penerimaan diri, demikian pula sebaliknya. Penerimaan diri terhadap suatu kondisi yang dialami oleh individu akan memengaruhi tingkat psychological well-being individu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara penerimaan diri dengan psychological well-being pada remaja panti asuhan kota Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 43 remaja yang terdiri dari 33 remaja laki-laki dan 10 remaja perempuan berusia 14-18 tahun yang tinggal di panti asuhan kota Banda Aceh. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Penerimaan Diri yang disusun berdasarkan teori Berger dengan koefisien reliabilitas 0,811 dan adaptasi Skala Psychological Well-being Ryff dengan koefisien reliabilitas 0,869. Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,564 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hipotesis yang diajukan diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara penerimaan diri dengan psychological well-being pada remaja panti asuhan Kota Banda Aceh. Hal ini mengindikasikan semakin tinggi penerimaan diri pada remaja panti asuhan maka semakin tinggi pula tingkat psychological well-being remaja tersebut ataupun sebaliknya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa remaja panti asuhan Kota Banda Aceh berada pada kategori tinggi untuk variabel penerimaan diri (100%) maupun psychological well-being (95,3%). Kata kunci : Penerimaan Diri, Psychological Well-being, Remaja, Panti Asuhan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI DENGAN OPTIMISME MENGHADAPI MASA DEPAN PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN (wenny aidina, 2013)

PERBEDAAN KONSEP DIRI ANTARA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN COTTAGE DENGAN REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN ASRAMA (Misanti, 2015)

EFEKTIVITAS TEKNIK KONSELING SELF MODELING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN(SUATU PENELITIAN DI PANTI ASUHAN NIRMALA KOTA BANDA ACEH) (MARWAH ZAKIYATI, 2014)

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SELF-ESTEEM REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHANRN( SUATU PENELITIAN DI PANTI ASUHAN KOTA BANDA ACEH) (SASA MAULIDA, 2015)

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN HARGA DIRI REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN KOTA BANDA ACEH (Cut Elfira, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy