//

MOBILISASI KEPEDULIAN KEMANUSIAAN MELALUI SOSIAL MEDIA (ANALISIS SOSIOLOGI TERHADAP AKUN TWITTER @ILOVEACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alfath Asmunda - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pemanfaatan sosial media oleh manusia untuk mempermudah kehidupan sosialnya terlihat di jejaring sosial media Twitter. Melalui Twitter, gerakan sosial baru muncul tanpa terlihat secara kasat mata kehadirannya di tengah-tengah masyarakat. Gerakan sosial yang hadir melalui sosial media tersebut mampu memobilisasi orang banyak untuk bertindak melakukan sesuatu. Seperti halnya yang dilakukan oleh akun Twitter @iloveaceh yang mampu memobilisasi puluhan ribu pengikutnya untuk melakukan aksi kemanusiaan di Twitter. Padahal, banyak pengikut yang tidak kenal siapa individu-individu yang menggerakkan akun @iloveaceh tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara @iloveaceh memobilisasi pengikutnya melakukan aksi kemanusiaan serta faktor apa yang melatar belakangi pengikut @iloveaceh mau terlibat dalam aksi kemanusiaan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan rasionalitas instrumental hasil dari buah pikir sosiolog Max Weber, yang menjelaskan faktor seorang individu bertindak secara rasionalitas instrumental disebabkan adanya kalkulasi (pertimbangan), persepsi (makna), dan situasi (pemahaman) oleh individu tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan desktiptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data adalah observasi pada lokasi penelitian, wawancara mendalam (indepth interview) terhadap informan baik secara lisan dan wawancara secara terstruktur. Secara umum hasil analisis penelitian menjelaskan bahwa, kesadaran kolektif pengikut @iloveaceh yang tidak hanya ingin memanfaatkan sosial media Twitter sebagai sarana komunikasi semata, akan tetapi melalui Twitter juga bisa melakukan suatu perubahan di dunia nyata, mendorong pengikut melakukan aksi kemanusiaan yang digerakkan di dunia maya oleh @iloveaceh. Dari pertimbangan, pemaknaan, dan pemahaman akan akun @iloveaceh yang menurut pengikutnya telah banyak membantu menyebarkan berbagai macam informasi bermanfaat di linimasa Twitter, hal tersebut menjadi acuan tersendiri bagi pengikut untuk percaya dengan apa yang dilakukan oleh @iloveaceh, termasuk aksi kemanusiaan untuk membantu orang lain melalui sosial media Twitter. Kata Kunci: Sosial Media, Mobilisasi, pilihan rasional, @iloveaceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPINI MAHASISWA TENTANG ISU REKAM JEJAK POLITIK JOKOWIRN(STUDI KOMPARATIF AKUN @TRIOMACAN2000 DAN @TM2000BACK) (Cut Ainul Mardhiah, 2015)

KETERBUKAAN DIRI REMAJA DI SOSIAL MEDIA TWITTER (STUDI PADA SISWA SMA NEGERI 3 BANDA ACEH) (Siti Minanda Pulungan, 2014)

MOTIVASI DAN POLA INTERAKSI PENGGUNA ROLE PLAY TWITTER PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Iin Parlina, 2017)

CYBERBULLYING PADA JEJARING SOSIAL TWITTER (ANALISIS SEMIOTIKA TRENDING TOPIC) (Yurnalita, 2016)

ANALISIS NILAI SOSIAL BUDAYA PUISI DALAM SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA (Fakhrurrazi, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy