//

MODEL BANGKITAN PERGERAKAN PELAJAR SMA DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irwan Sukardi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Besarnya jumlah pergerakan yang dilakukan oleh penduduk sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhannya dipengaruhi oleh semakin pesatnya pertumbuhan penduduk di berbagai wilayah. Sehingga mengakibatkan naiknya volume kendaraan sedangkan kapasitas jalan tetap sehingga terjadinya kemacetan di ruas jalan dan persimpangan perkotaan akibat penurunan kapasitas jalan. Perjalanan dengan tujuan belajar (sekolah) merupakan aktivitas utama dan rutin dilakukan oleh pelajar setiap harinya dan pelajar juga cenderung melakukan aktivitas diluar (selain) sekolah. Berdasarkan kondisi tersebut, maka dilakukan penelitian tentang pemodelan dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya bangkitan pergerakan yang dilakukan oleh pelajar SMA. Penelitian ini mengambil lokasi pada Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar dengan objek yang ditinjau adalah pelajar SMA. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara ke rumah tangga (home interview survey) pada 100 keluarga di tiga mukim yang ada di Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar. Variabel bebas (X) yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 13 variabel yang meliputi jumlah pelajar SMA dalam keluarga (X1), siswa yang menggunakan sepeda motor (X2), siswa yang menggunakan angkutan umum (X3), siswa yang menggunakan kendaraan lainnya (X4), pendapatan orang tua (X5), kepemilikan SIM C(X6), jenis kelamin (X7), umur (X8), waktu keberangkatan pagi (X9), waktu keberangkatan siang (X10), waktu keberangkatan sore (X11), tujuan perjalanan ke sekolah (X12), tujuan perajalanan selain sekolah (X13). Sedangkan variabel terikat (Y) adalah bangkitan pergerakan yang dihasilkan pelajar SMA di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Berdasarkan hasil pengujian regresi dengan menggunakn software SPSS-20 diperoleh model terbaik adalah Y = 0,996 + 0,335 X10 + 0,668 X11 + 0,335 X13, dengan nilai determinasi (R2) sebesar 0,912 yakni bangkitan perjalanan yang terjadi pada Kecamatan Darussalam sebesar 91,2% ditentukan oleh variabel bebas yang digunakan dalam model, yaitu variabel (X10) waktu keberangkatan siang, (X11) waktu keberangkatan sore dan (X13) tujuan perjalanan selain sekolah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS MODEL BANGKITAN PERJALANAN PELAJAR KOMPLEK PERUMNAS JEULINGKE MENUJU KAWASAN PENDIDIKAN DARUSSALAM KOTA BANDA ACEH (Mifta Umara, 2015)

MODEL BANGKITAN PERGERAKAN OLEH PELAJAR SMA UNTUK TUJUAN MARDATORY DAN MAINTENANCE PADA KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Dodi Saputra, 2015)

MODEL BANGKITAN PERGERAKAN PELAJAR SMA MENUJU SEKOLAH (STUDI KASUS KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH) (Novizar Iskandar, 2014)

MODEL BANGKITAN PERGERAKAN OLEH PEKERJA PADA KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Muhammad Iqbal, 2016)

POLA BANGKITAN PERGERAKAN PENDUDUK PADA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Akbar Hikmi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy