//

EFEK PEMBERIAN EKSTRAK DAUN JALOH (SALIX TETRASPERMA ROXB) DI DALAM AIR MINUM TERHADAP BERAT DAN PERSENTASE BEBERAPA ORGAN DALAM AYAM BROILER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ikhsan Setiawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Efek Pemberian Ekstrak Daun Jaloh ( Salix tetrasperma Roxb) di dalam Air Minum terhadap Berat dan Persentase Beberapa Organ Dalam Ayam Broiler Ikhsan Setiawan Nim. 1005104010063 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek pemberian ekstrak daun jaloh ( Salix tetrasperma Roxb) dalam air minum terhadap berat dan persentase beberapa organ dalam ayam broiler. Penelitian dilakukan di Field Lab, Jurusan Perternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, tanggal 10 Maret-25 April 2015. Penelitian ini menggunakan 80 ekor anak ayam broiler (DOC) strain Lohmann, produksi PT. Japfa, Medan. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok dengan sub sampel, terdiri dari 4 perlakuan, 4 kelompok, dan 2 sub sampel. Tiap kelompok merupakan unit percobaan yang masing-masing terdiri dari lima ekor ayam. Perlakuan yang dicobakan adalah pemberian ekstrak daun jaloh melalui air minum dengan dosis 0, 500, 1000, dan 1.500 mg/l air. Parameter yang diamati meliputi bobot dan persentase organ saluran pencernaan (tembolok, gizzard, dan usus), organ pembantu pencernaan (hati, pankreas, dan limpa), organ sirkulasi (jantung dan darah), dan mortalitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analysis of Variance (ANOVA), jika didapatkan hasil yang berbeda nyata, maka dilanjutkan dengan uji Jarak Berganda Duncan (Steel dan Torrie, 1993). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemberian ekstrak daun jaloh melalui air minum sampai level 1500 mg/l air tidak berpengaruh nyata (P>0.05) terhadap organ-organ pencernaan dan organ-organ sirkulasi ayam broiler. Tidak ada indikasi kelainan organ-organ dalam ayam broiler (pengecilan atau pembesaran) sebagai respon dari penggunaan daun jaloh melalui air minum sampai level 1500 mg/l air. Pemberian ekstrak daun jaloh dapat mengurangi stress panas dan menekan angka mortalitas pada ayam broiler. Kata Kunci: broiler, organ dalam, mortalitas, jaloh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JALOH (SALIX TETRASPERMA ROXB) TERHADAP KADAR LEMAK DAN KADAR AIR OTOT (INTRAMUSCULAR) PADA AYAM BROILER YANG MENGALAMI STRES PANAS (YANA ZEIN, 2020)

EVALUASI PERFORMAN AYAM BROILER YANG DIBERI EKSTRAK DAUN JALOH (SALIX TETRASPERMA ROXB) DI DALAM AIR MINUM (Khairul Murdani, 2015)

EFEK PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG JALOH (SALIX TETRASPERMA ROXB) TERHADAP TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN AYAM BROILER YANG DIBERIKAN CEKAMAN PANAS (khaidir, S.KH, 2014)

PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK KULIT BATANG JALŎH (SALIXTETRASPERMAROXB) DAN SERBUK DAUN SINGKONG (MANIHOT ESCULENTA CRANTZ)TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN AYAM BROILER PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK KULIT BATANG JALŎH (SALIXTETRASPERMAROXB) DAN SERBUK DAUN SINGKONG (MANIHOT ESCULENTA CRANTZ)TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN AYAM BROILER PENGARUH EKSTRAK KULIT BATANG JALOH DAN SERBUK DAUN SINGKONG TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN AYAM BROILER (Hanum Harfinda, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KULIT BATANG JALOH (SALIX TETRASPERMA ROXB) TERHADAP GAMBARAN DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) YANG DIINFEKSI TRYPANOSOMA EVANSI (afira rafina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy