//

PENGARUH POLA JAJAN TERHADAP KARIES GIGI PADA ANAK USIA 11-12 TAHUN DI MIN MESJID RAYA BANDA ACEH TAHUN 2011

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Marfirah - Personal Name
SubjectCARIES-DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Siti Marfirah Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh Pola Jajan Terhadap Karies Gigi Pada Anak Usia 11-12 Tahun di MIN Mesjid Raya Banda Aceh Tahun 2011 Karies gigi merupakan penyakit jaringan keras gigi yang erat hubungannya dengan konsumsi makanan atau minuman yang kariogenik. Etiologi karies terdiri dari 2 faktor yaitu faktor langsung dan faktor tidak langsung. Faktor langsung yaitu gigi (tuan rumah), mikroorganisme (agen penyebab karies) dan substrat (makanan) serta waktu sebagai faktor tambahan. Faktor tidak langsung atau yang disebut juga sebagai faktor resiko terjadinya karies antara lain umur, jenis kelamin, kebersihan mulut, kebiasaan dan pola makan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola jajan terhadap karies gigi pada anak usia 11-12 tahun di MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian analitik secara cross sectional survey dengan pengambilan subjek dilakukan dengan teknik cluster random sampling pada 36 subjek. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan terhadap subjek selama seminggu dan mencatatnya pada tabel jajanan dan dilakukan pemeriksaan intra oral untuk melihat indeks DMF-T. Hasil penelitian menggunakan uji Spearman diperoleh nilai p =0,075 (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KARIES GIGI (INDEKS DMF-T) DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA 11-12 TAHUN DI MIN MESJID RAYA BANDA ACEH 2011. (Widya Wati Sofiana, 2015)

GAMBARAN POLA MAKAN KARIOGENIK DAN NON KARIOGENIK TERHADAP NURSING BOTTLE CARIES PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (STUDI KASUS DI TK KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH) (AMALIA HIDAYANA, 2020)

GAMBARAN KASUS PENCABUTAN MOLAR PERTAMA PERMANEN KARENA KARIES PADA ANAK USIA RN6-12 TAHUN DI POLIKLINIK GIGI BLUD RSUDRN MEURAXA BANDA ACEH TAHUN 2010 (Fandi Anggriawan, 2015)

INDEKS DMF-T PADA ANAK USIA 12 TAHUN DI SD 54 TAHIJA BANDA ACEH (Hasanuddin, 2015)

GAMBARAN STATUS KARIES PADA ANAK SDN 17 PEULANGGAHAN KOTA BANDA ACEH (Aminah Idris, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy