//

POTENSI EKSTRAK DAN GETAH DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA L.) UNTUK PENYEMBUHAN LUKA BARU PADA MENCIT (MUS MUSCULUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurlaila - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Getah tanaman biduri (Calotropis gigantea L.) mengandung senyawa aktif yang di duga berperan dalam proses penyembuhan luka dan telah dimanfatkan oleh masyarakat sebagai kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati potensi getah dan ekstrak metanol daun biduri terhadap kecepatan penyembuhan luka baru pada mencit (Mus musculus). Parameter yang diamati adalah lama waktu kering luka, lama terbentuk keropeng, lama pengelupasan keropeng, lama penyembuhan luka total dan menghitung jumlah sel darah putih sebelum perlakuan, sedang perlakuan dan sesudah perlakuan. Hewan coba yang digunakan pada penelitian ini adalah mencit jantan Strain Swiss – Webster yang berumur 7–8 minggu dengan rata-rata bobot badan 26.6±2.36 g. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri atas empat perlakuan dengan lima kali ulangan. Perlakuan pertama (kontrol negatif) dengan menggunakan akuades, perlakuan kedua (kontrol positif) dengan menggunakan betadin, perlakuan ketiga dengan menggunakan getah daun biduri dan perlakuan keempat menggunakan ekstrak metanol daun biduri. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dengan uji lanjut Tukey (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa getah daun biduri dapat mempercepat waktu kering pada luka, waktu pembentukan dan pengelupasan keropeng serta mampu menyembuhkan luka dengan permukaan luka terbentuk sempurna seperti semula. Kata kunci : Calotropis gigantea L. , getah, dan ekstrak metanol daun biduri

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGAPLIKASIAN PELET GETAH BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK SECARA KLINIS DAN HISTOPATOLOGI PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Muhammad Abzar Ghifahri, 2013)

POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL 70% DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS ATCC 33277 (Novita Putri Ranggaswuni, 2019)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL 70% DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP AGGREGATIBACTER ACTINOMYCETEMCOMITANS ATCC 29523 (MAYA PUTRI SINDA, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA) TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA INSISI (VULNUS INCISIVUM) PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) (INES GUSTI PEBRI, 2017)

EFIKASI SALEP GETAH JARAK PAGAR 10 % (JATROPHA CURCAS, LINN) DAN SALEP GENTAMISIN 0,1 % TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA SAYAT PADA KULIT MENCIT (MUS MUSCULUS) (Teuku Suriwidiar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy