//

STRATEGI KOMUNIKASI BPR INGIN JAYA DALAM MENARIK MINAT NASABAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mirza Fuadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi BPR Ingin Jaya dalam Menarik Minat Nasabah”. Secara khusus permasalahan dalam penelitian ini diklasifikasikan dalam beberapa aspek, yaitu model dan strategi komunikasi yang digunakan oleh BPR Ingin Jaya Kas Lambaro Angan, serta efektivitas strategi dan kendala komunikasi yang digunakan BPR Ingin Jaya Kas Lambaro Angan. Tujuan penelitian untuk mengetahui model dan strategi komunikasi yang di gunakan oleh BPR Ingin Jaya Kas Lambaro Angan, serta efektivitas strategi dan kendala komunikasi yang digunakan BPR Ingin Jaya Kas Lambaro Angan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek atau informan dalam penelitian ini adalah Karyawan BPR Ingin Jaya Kas Lambaro Angan dari bagian account officer sebanyak satu orang, dan nasabah BPR Ingin Jaya Kas Lambaro Angan sebanyak dua orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga cara, yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan: BPR Ingin Jaya merupakan satu-satunya bank di Provinsi Aceh yang berbadan hukum koperasi. Pendirian BPR Ingin Jaya dicetuskan pada tahun 1990 oleh generasi muda sebagai rasa tanggungjawab dalam menggerakkan pembangunan pedesaan, khususnya di Kecamatan Ingin Jaya dan pada umumnya di Kabupaten Aceh Besar. Model komunikasi yang digunakan oleh BPR Ingin Jaya Kas Lambaro Angan adalah model komunikasi Lasswell (model komunikasi satu arah) dan model komunikasi Seiler (model komunikasi dua arah). Bank BPR Ingin Jaya dalam menarik minat nasabah dilakukan dengan beberapa strategi. Pertama dengan strategi jemput bola, dengan strategi ini pihak BPR Ingin Jaya dituntut proaktif untuk mensosialisasikan produk-produk perbankan mereka kepada masyarakat dengan cara turun ke lapangan/mendatangi masyarakat. Untuk menarik minat nasabah, pihak bank harus memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat seperti cara/prosedur, serta syarat dan ketentuan yang berlaku pada BPR Ingin Jaya Kas Lambaro Angan tersebut baik dalam produk berupa tabungan, deposito, dan kredit. Kedua dengan penggunaan media konvensional berupa kalender, spanduk, dan brosur. Kalender dan brosur disebarkan oleh pihak bank kepada masyarakat untuk memberikan informasi persuasi kepada masyarakat, agar masyarakat berminat untuk bergabung menjadi nasabah BPR Ingin Jaya Kas Lambaro Angan. Dalam hal Komunikasi, pihak BPR Ingin Jaya Kas Lambaro Angan tidak menghadapi kendala yang berarti, bahkan nasabah bank tersebut terus meningkat. Kendala yang dihadapi BPR Ingin Jaya Kas Lambaro Angan berupa kredit macet. Saran untuk penelitian ini adalah sesuai dengan mottonya menggerakkan dan membangun ekonomi masyarakat kecil (tanyoe bangun ekonomi masyarakat nyang leumoh), BPR Ingin Jaya Kas Lambaro Angan akan terus berkontribusi membangun perekonomian masyarakat. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Minat Nasabah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 CABANG BANDA ACEH DALAM MENARIK MINAT NASABAH (Muhammad Ismail Mirza, 2018)

HUBUNGAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN DENGAN MINAT MENABUNG NASABAH DI BANK ACEH CABANG SIGLI (SAYED AZRUL AZMI, 2016)

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL KYRIAD MURAYA ACEH DALAM MENARIK MINAT PENGUNJUNG (Anggie Imanda, 2018)

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN ( PENELITIAN TERHADAP PEMILIK TOKO EMAS MULIA INDAH DI KOTA TAKENGON ) (Ayub Sami, 2017)

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPENGARUHI KETERTARIKAN NASABAH MEMILIH MENABUNG DI BANK MANDIRI (STUDI PADA BANK MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU CUT MEUTIA) (Bayuddin Saputra, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy