//

ANALISIS KINERJA JALAN PERKOTAAN (STUDI KASUS: JALAN TGK. CHIK DI TIRO KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yudhi Seprian - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING

Abstrak/Catatan

Kota Banda Aceh merupakan pusat ekonomi dari Provinsi Aceh yang mengalami peningkatan sangat tinggi untuk menarik perjalanan orang dan barang ke Kota Banda Aceh. Peningkatan ini menyebabkan volume lalu lintas tinggi di Kota Banda Aceh. Salah satu ruas jalan di Kota Banda Aceh yang mengalami peningkatan volume lalu-lintas yaitu Jalan Tgk. Chik Ditiro (jalan ini adalah akses menuju ke pusat Kota Banda Aceh). Banyak hal yang menjadi penyebab kemacetan pada ruas jalan ini, diantaranya parkir pada badan jalan (on-street parking), angkutan penumpang yang berhenti untuk menurunkan orang yang akan berbelanja atau makan, dan kegiatan bongkar muat barang. Geometrik dari Jalan Tgk. Chik Ditiro ini memiliki empat-lajur-dua-arah terbagi (4/2D) dengan panjang jalan 370 meter, lebar badan jalan 7,00 meter, lebar bahu jalan 2,30 meter, lebar median 2,50 meter, penelitian ruas jalan yang ditinjau sepanjang ±250 m. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja jalan pada ruas Jalan Tgk. Chik Ditiro Kota Banda Aceh dalam kondisi eksisting dan kondisi dengan penataan ulang on-street parking agar diperoleh kondisi terbaik. Pengambilan data primer dilakukan selama 3 (tiga) hari yaitu pada hari kerja (Senin dan Rabu) serta pada hari libur (Sabtu) dari pukul 07.00 – 09.00 WIB, 12.00-14.00 WIB , 17.00-19.00 WIB dan 20.00-22.00 WIB dengan interval waktu 15 menit. Selain itu juga digunakan data sekunder berupa jumlah penduduk dan peta Kota Banda Aceh dari instansi terkait sebagai data sekunder yang dibutuhkan dalam analisis kinerja jalan ini didapatkan volume tertinggi pada hari Sabtu, 13 Juni 2015 pada pukul 20.00-21.00 WIB sebanyak 2060,50 smp/jam dengan volume rata-rata 1712,46 smp/jam. Kelas hambatan samping sedang (342,7 kej/jam) dengan kapasitasnya 2008,314 smp/jam, kecepatan tempuh perhitungan 35,657 km/jam, sedangkan derajat kejenuhan 1,026 hal ini membuktikan adanya masalah lalu-lintas yang terjadi pada ruas jalan ini dimana pada kondisi eksisting dengan DS > 0,75. Penerapan skenario dengan melakukan penataan ulang pola parkir menjadi paralel diperoleh derajat kejenuhan 0,694 < 0,75. Hal ini membuktikan penerapan skenario tersebut menghasilkan kinerja jalan yang lebih baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS: SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH) (YUSRAWATI, 2013)

ANALISIS PENGARUH PENERAPAN KONSEP GREEN ROADS TERHADAP MANAJEMEN LIMBAH PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (FAJRI PUTRA UTAMA, 2018)

EVALUASI KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) (STUDI KASUS JALAN TENGKU CHIK BA KURMA, KABUPATEN ACEH BESAR) (Abdi Azizul Hakim, 2017)

ANALISIS KEBUTUHAN PARKIR PADA RUAS JALAN TGK. CHIK DI TIRO, PEUNITI KOTA BANDA ACEH (Maranda Syahputra, 2015)

STUDI DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN LAYANG (FLYOVER) SIMPANG SURABAYA DAN JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (DEDEK ARIANSYAH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy