//

PRODUKTIVITAS PEKERJAAN PLAT LANTAI BETON BERTULANG PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizdki Kamarullah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Produktivitas tenaga kerja sangat berpengaruh pada kesuksesan suatu proyek, karena cepat atau lambatnya suatu proyek konstruksi tergantung pada produktivitas tenaga kerjanya. Pembangunan bangunan gedung diselenggarakan melalui berbagai tahapan pekerjaan konstruksi. Pekerjaan konstruksi adalah rangkaian kegiatan perencanaan dan pelaksanaan beserta pengawasan yang meliputi pekerjaan arsitektural, struktur, mekanikal dan elektrikal, serta tata lingkungan, beserta kelengkapannya masing-masing dalam mewujudkan suatu bangunan. Pelaksanaan pekerjaan beton bertulang terdiri dari beberapa kegiatan yaitu pekerjaan bekisting, pembesian, dan pengecoran. Plat lantai merupakan salah satu item pekerjaan dari beton bertulang dalam pelaksanaan elemen struktur suatu konstruksi gedung. Pokok permasalahannya adalah bagaimana produktivitas pekerjaan plat lantai beton bertulang pada proyek Pembangunan Gedung Pendidikan dan Ruang Kuliah Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai produktivitas dan koefisien kebutuhan tenaga kerja dan material pada pekerjaan beton bertulang tersebut. Ruang lingkup pekerjaan yang ditinjau adalah plat lantai beton bertulang. Metode yang digunakan adalah Analisa Empiris Lapangan. Data yang diperlukan adalah data primer yang diperoleh dari pengamatan selama pelaksanaan dilapangan. Pengamatan dilakukan terhadap data volume, waktu efektif, dan jumlah tenaga kerja. Sedangkan data sekunder mencakup gambar bestek dan dokumentasi proyek yang diperoleh dari pelaksana proyek. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu nilai rata-rata produktivitas pemasangan bondek sebesar 9,206 m2/jam, pemasangan wiremesh sebesar 224,79 kg/jam, dan pengecoran sebesar 0,391 m3/jam. Nilai dan beberapa informasi terkait tentang produktivitas dapat digunakan untuk menghitung koefisien kebutuhan tenaga kerja dan material. Manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai acuan dan bahan evaluasi untuk proyek-proyek serupa. Kata Kunci : produktivitas, pekerjaan, bondek, wiremesh, pengecoran

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERHITUNGAN VOLUME KEBUTUHAN TULANGAN BETON PADA PLAT LANTAI PEMBANGUNAN GEDUNG FISIP UIN AR-RANIRY BANDA ACEH (Edy Shadiqin, 2019)

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEKERJAAN RINGBALK PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ridha Rizki, 2015)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN, PEMBANGUNAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA ( TAHAP II) (Odie Rahmathul Ikhsan, 2015)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN, PEMBANGUNAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (TAHAP II) (Zerry Farianda. Z, 2015)

ESTIMASI BIAYA MATERIAL PADA BANGUNAN GEDUNG SEKOLAH (RAHMADIANI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy