//

POTENSI PRODUKSI BIOETANOL DARI BIJI NANGKA (ARTOCARPUS HETEROPHYLLUS LAMK)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fahrunnisak - Personal Name
SubjectFERMENTATION - FOOD TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Meningkatnya penggunaan etanol sebagai salah satu sumber energi alternatif akan meningkatkan permintaan bahan baku. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan bioetanol adalah tanaman yang memiliki karbohidrat tinggi. Oleh karena itu, Bioetanol adalah sebuah bahan bakar alternatif yang diolah dari tumbuhan (biomassa) dengan cara fermentasi glukosa menggunakan ragi Saccharomyces Cerevisae. Biji nangka adalah limbah biomassa yang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat sekarang ini. Dalam penelitian ini biji nangka yang memilki kandungan pati yang cukup tinggi 57,70 %, dengan kandungan pati yang tinggi biji nangka berpotensi dijadikan sebagai bahan baku produksi bioetanol atau energi alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi produksi bioetanol dari biji nangka dan mempelajari pengaruh perlakuan terhadap peningkatan produksi bioetanol yang dihasilkan. Pada penelitian ini ada tiga perlakuan yang diteliti yaitu tanpa perlakuan, pengukusan dan pemarutan, dan variabel yang diteliti meliputi kadar air, kadar pati, pH, rendemen destilasi dan kadar etanol. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa biji nangka berpotensi sebagai bahan baku bioetanol dengan kadar etanol tertinggi pada perlakuan pengukusan yaitu 28,11% , kadar pati sebesar 57,70% , kadar air sebesar 11,06% , pH sebesar 4,41 dan nilai rendemen destilasi 10,33%. Hal ini menunjukkan bahwa perlakuan pengukusan dapat direkomendasikan untuk memperoleh kadar etanol yang tinggi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENAMBAHAN BIJI NANGKA (ARTOCARPUS HETEROPHYLLUS ) DALAM PEMBUATAN STIK BIJI NANGKA (Shaumi Ramadhani, 2018)

PENGARUH PEREBUSAN BIJI DURIAN (DURIO ZIBETHINUS MURR) TERHADAP PRODUKSI BIOETANOL (ARRIZAL FACHRI, 2015)

PEMANFAATAN DAGING BUAH NANGKA (ARTOCARPUS HETEROPHYLLA) DALAM PEMBUATAN KUE MARKE (Shaumi Ramadhani, 2020)

UJI AKTIVITAS SUNSCREEN LOTION EKSTRAK DAN SUBFRAKSI METANOL KULIT BATANG NANGKA (ARTOCHARPUS HETEROPHYLLUS) TERHADAP SINAR ULTRA VIOLET (Rika Ramadani, 2020)

PRODUKSI BIOETANOL DARI TEPUNG JANENG (DIOSCOREA HISPIDA DENNTS) DENGAN METODE ENZIMATIK (SEPARATE HYDROLYSIS AND FERMENTATION (SHF) AND SIMULTANEOUS SACCHARIFICATION AND FERMENTATION (SSF) MENGGUNAKAN ISOLAT LOKAL (IRMAYADANI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy