//

PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM. L) PADA ANDISOL DENGAN PEMBERIAN BERBAGAI SUMBER PUPUK ORGANIK DAN JENIS ENDOMIKORIZA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ROKI SAFRIANTO - Personal Name

Abstrak/Catatan

ROKI SAFRIANTO. Pertumbuhan dan Hasil Cabai Merah pada Andisol dengan Pemberian Berbagai Sumber Pupuk Organik dan Jenis Endomikoriza. di bawah bimbingan Syafruddin sebagai pembimbing ketua dan Rina Sriwati sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai sumber pupuk organik dan jenis endomikoriza terhadap pertumbuhan dan hasil cabai merah pada Andisol serta interaksi antara kedua faktor yang diteliti. Penelitian ini dilaksanakan di Green House UPTD Balai Benih Hortikultura Saree, Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar, Laboratorium Ilmu Tanah dan Laboratorium Penyakit Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini akan berlangsung dari bulan Mei sampai dengan Desember 2013. Bahan yang digunakan benih cabai merah keriting, Endomikoriza yaitu dari genus Gigaspora dan Glomus, Pupuk organik, Pupuk NPK, Pestisida nabati, POC NASA, Hormonik, tanah Andisol, larutan H2SO4, larutan FeSO4 0,5 N, larutan K2Cr2O7 1N, alkohol 70 %, larutan KOH 2,5 %, larutan HCL 2 % dan larutan staining blue. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola Faktorial 4 x 4 dengan 3 ulangan, faktor yang dicobakan adalah : Faktor Sumber Pupuk Organik dengan taraf terdiri dari tanpa pupuk organik, pupuk kotoran sapi, pupuk kotoran ayam, pupuk guano. Faktor Jenis Endomikoriza dengan taraf terdiri dari tanpa endomikoriza Jenis Gigaspora, Jenis Glomus, Campuran Gigaspora dan Glomus. Peubah yang diamati yaitu : Tinggi tanaman dan diameter batang umur 10, 30, 50 dan 70 HST, umur saat mulai berbunga, jumlah buah, bobot buah, panjang buah, deteksi persentase akar terinfeksi mikoriza, analisis akhir P tersedia pada media tanam. Jenis sumber pupuk organik yang berasal dari kotoran ayam mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil cabai merah pada Andisol dibandingkan dengan sumber pupuk organik yang berasal dari kotoran sapi dan guano. Pemberian endomikoriza juga mempengaruhi pertumbuhan dan hasil cabai merah pada Andisol namun tidak terjadi perbedaan antara kedua jenis endomikoriza tersebut. Interaksi antara jenis pupuk organik dengan jenis endomikoriza dapat meningkatkan tinggi tanaman umur 10 dan 30 HST, jumlah buah dan bobot buah. Kata kunci : Andisol, cabai merah, pupuk organik dan jenis endomikoriza.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA) TERHADAP PERTUMBUHAN CABAI MERAH(CAPSICUM ANNUM L.) (Hazyuniati, 2016)

PENGARUH PUPUK ORGANIK GRANUL TERHADAP RNPERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN CABAI RAWIT RN(CAPSICUM FRUSTESCENS L.) (ismayana, 2014)

PENGARUH JENIS MIKORIZA DAN VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) PADA TANAH ANDISOL BURNI TELONG KABUPATEN BENER MERIAH (AIDIL AULIA, 2020)

PENGARUH PUPUK ORGANIK DAN VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) (Sahrun Riza, 2020)

EVALUASI BEBERAPA JENIS MIKORIZA UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) PADA TANAH ANDISOL (AZMAN, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy