//

PENGARUH MEDIA AUDIO TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI MEMAHAMI CERITA DRAMA PENDEK DI KELAS VI SD NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Iqbal - Personal Name
SubjectAUDIO MATERIALS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Media Audio, Hasil Belajar Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Media Audio Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Memahami Cerita Drama Pendek di Kelas VI SD Negeri 3 Banda Aceh.” Masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut, “Adakah pengaruh media audio terhadap hasil belajar pada materi memahami cerita drama pendek di kelas VI SD Negeri 3 Banda Aceh”. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “media audio berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi memahami cerita drama pendek di kelas VI SD Negeri 3 Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh media audio terhadap hasil belajar pada materi memahami cerita drama pendek di kelas VI. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VI-B berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan VI-C berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol pada SD Negeri 3 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang berbentuk eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes bentuk pilihan berganda (multiple choice) dan essay. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,08 dan ttabel = 1,67 atau thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audio lebih baik hasil belajarnya dibandingkan dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media audio materi memahami cerita drama pendek siswa kelas VI SD Negeri 3 Banda Aceh. Dengan perkataan lain, penggunaan media audio berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi memahami cerita drama pendek di kelas VI SD Negeri 3 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Devi Susandi, 2018)

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MAN DARUSSALAM, ACEH BESAR (Slamet Khalid Huda Pase, 2016)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA KONKRIT PADA MATERI SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH (FAJAR AKMAL, 2014)

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENULIS KEMBALI TEKS CERITA FABEL DI KELAS VIII-1 SMP NEGERI 11 KOTA BANDA ACEH (Muhammad Wahyu Ikhsan, 2018)

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MENYANYIKAN LAGU WAJIB NASIONAL KELAS VII DI SMP NEGERI 18 KOTA BANDA ACEH (KEMBANG AYU AGUSTYA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy