PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS-I SMA NEGERI I NURUSSALAM KABUPATEN ACEH TIMUR TAHUN AJARAN 2012-2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS-I SMA NEGERI I NURUSSALAM KABUPATEN ACEH TIMUR TAHUN AJARAN 2012-2013


Pengarang

Rosna - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101140013

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci: Prestasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Heads Together.
Penelitian ini berjudul, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered
Heads Together pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS-I SMA Negeri I
Nurussalam Kabupaten Aceh Timur Tahun Ajaran 2012-2013. Tujuan penelitian ini
adalah untuk (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads Together pada mata pelajaran Sejarah untuk meningkatkan pretasi
belajar siswa kelas XI IPS-I SMA Negeri I Nurussalam, (2) Menguraikan aktifitas
guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads
Together pada mata pelajaran Sejarah di kelas XI IPS-I SMA Negeri I Nurussalam.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
tindakan kelas (class action research).Tindakan dilakukan dalam beberapa siklus
hingga diperoleh suatu hasil yang memuaskan atau menunjukkan peningkatan dari
metode konvensional yang selama ini digunakan dalam pembelajaran. Penulis
mengambil siswa kelas XI IPS-I sebagai kelas tindakan serta subjek data wawancara,
sementara sebagai observer, penulis mengambil guru sejarah sebagai sumber data
penelitian. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan teknik tes,
wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan Model
pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkat prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran sejarah kelas XI IPS-I SMA Negeri I Nurussalam. Persentase kelulusan pada
siklus I 45,53% dengan nilai rata-rata 67,08, persentase kelulusan pada siklus II
58,33% dengan nilai rata-rata 68,96 dan persentase kelulusan pada siklus III 83,33%
dengan nilai rata-rata 72,52. (2) Aktifitas guru dan siswa sudah mencerminkan
keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipen NHT. Siklus I menunjukkan hasil
observasi pembelajaran oleh guru sudah berkategori cukup yaitu 3,27, meningkat pada
pembelajaran guru siklus II menjadi 3,55 berkategori baik dan siklus III 4,45 atau
kategori sangat baik. Sementara observasi aktifitas pembelajaran dari siswa meningkat
dari siklus I yaitu 2,55 atau kategori kurang menjadi 3,27 berkategori cukup di siklus
II dan meningkat 4,18 atau kategori baik pada siklus III.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK