//

PERENCANAAN ALTERNATIF TATA LETAK DAN DIMENSI PEMECAH GELOMBANG PELABUHAN PLTU NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Armido - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya merupakan pembangkit listrik yang menggunakan batubara sebagai bahan bakarnya. Untuk mensuplai bahan bakar tersebut, PT. PLN sebagai pengelola membangun sebuah pelabuhan khusus yang digunakan untuk mempermudah bongkar muat batubara demi operasional pabrik. Pelabuhan ini terletak di Desa Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya, 287 Kilometer dari Kota Banda Aceh. Permasalahan sedimentasi yang terjadi di Kolam Pelabuhan PLTU Nagan Raya menyebabkan terganggunya aktivitas pergerakan kapal yang akan berlabuh maupun berlayar. Oleh karena itu, tugas akhir ini bertujuan untuk merencanakan alternatif tata letak pemecah gelombang PLTU Nagan Raya. Data yang digunakan dalam perencanaan ini berupa data angin, data bathymetri, data pasang surut, data kapal, data material dan data sedimen. Angin dominan yang terjadi adalah dari arah barat sebesar 30,00%. Tinggi gelombang rencana dihitung dari karakteristik angin yang terjadi adalah 3,53 m. Berdasarkan analisis sedimen di Pelabuhan PLTU Nagan Raya didominasi oleh sedimen sepanjang pantai sebesar 3.082.220,70 m3/tahun yang berasal dari arah Barat menuju Timur. Perencanaan dimensi mulut kolam pelabuhan menggunakan ukuran kapal 12.000 DWT sebagai acuan. Panjang breakwater sebelah kanan 877 m dan sebelah kiri 539 m. Breakwater direncanakan dari material A-Jack dan batu alam. Lapis luar breakwater bagian kepala digunakan A-Jack dengan berat 3263,01 kg/unit sedangkan bagian lengan adalah 5760,37 kg/unit. Elevasi tinggi rencana breakwater adalah +5,6 m dan lebar puncak breakwater bagian kepala 7 m serta bagian lengan 5 m. Mengingat besarnya area yang tererosi pada sebelah kiri breakwater, maka perlu dipertimbangkan untuk menambah konstruksi bangunan pantai pada sebelah kiri breakwater pada Pelabuhan PLTU Nagan Raya. Kata kunci : tata letak, pemecah gelombang, dimensi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIMULASI NUMERIK SEDIMENTASI KOLAM PELABUHAN PLTU NAGAN RAYA DENGAN MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK DELFT3D (FACHRURRAZI, 2016)

PERANCANGAN ULANG BOILER PLTU NAGAN RAYA (T Kamaruzzaman, 2018)

STUDI MODEL FISIK PEMECAH GELOMBANG TIDAK TENGGELAM TIPE LURUS BERPORI TERHADAP POLA DIFRAKSI GELOMBANG (Qurratul Aini BN, 2015)

KAJIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PETERNAK KERBAU TERHADAP DAMPAK KETERPAPARAN FLY ASH DI DESA SEKITAR PLTU NAGAN RAYA (Ira Susanti N.Y, 2018)

PERENCANAAN ALTERNATIF TATA LETAK BREAKWATER PPI PEUDADA MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK DELFT3D (Sri Hartuti Nengsih, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy