//

KAJIAN PENGARUH KERAPATAN TANAMAN SEMANGGI (MARSILEA CRENATA) TERHADAP TAHANAN ALIRAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farah Diba - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berkenaan tentang tahanan aliran yang terjadi di dalam saluran. Tahanan aliran adalah koefisien kekasaran yang berhubungan dengan aliran. Faktor yang mempengaruhi nilai koefisien kekasaran yaitu kekasaran dasar dan kekasaran dinding saluran. Keberadaan tanaman pada saluran juga dapat mempengaruhi tahanan aliran yang terjadi pada saluran tersebut. Penelitian tentang tahanan aliran akibat tanaman sudah banyak dilakukan, namun terbatas pada tanaman yang ada di tempat penelitian tersebut dilakukan. Untuk itu diperlukan penelitian lebih lanjut terhadap tahanan aliran yang disebabkan oleh keberadaan tanaman yang lazim ditemukan pada saluran irigasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kerapatan tanaman Semanggi terhadap tahanan aliran. Penelitian ini dilakukan di laboratorium dengan menggunakan sebuah saluran (flume) dengan dimensi panjang 15.5 meter, lebar 0.5 meter, dan tinggi 1.0 meter. Penelitian ini menggunakan tanaman Semanggi (Marsilea crenata) yang ditanam pada saluran sepanjang 2 m dengan variasi ketinggian 10 - 18 cm pada setiap kelompok tanaman yang terdiri dari 4 - 7 batang. Pengaliran dilakukan dengan mengalirkan debit sebesar 0.0073 m3/s pada kondisi tanpa tanaman, kerapatan 30, 45 dan 90 kelompok tanaman/m2. Parameter yang diukur adalah kecepatan aliran (v) dan kedalaman air (h). Dengan menggunakan rumus Manning dan persamaan Bernoulli dilakukan analisa terhadap tahanan aliran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien tahanan aliran yang diperoleh berkisar antara 0.01865 sampai 0.02443. Bila dibandingkan dengan kondisi tanpa tanaman terjadi peningkatan nilai koefisien tahanan aliran akibat tanaman Semanggi sebesar 0.00163, 0.00395, dan 0.00483 pada kondisi kerapatan 30, 45 dan 90 kelompok tanaman/m2. Kata kunci : Tahanan aliran, kerapatan Semanggi, tanaman Semanggi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KERAPATAN ALUR (RILL DENSITY) PADA LAHAN YANG DITANAMI CABAI (CAPSICUM ANNUM L.) TERHADAP ESTIMASI EROSI (Muhammad Aulia Khairurrizal, 2017)

PENGARUH KEBERADAAN ALUR (RILL) DALAM SUATU DAS TERHADAP ESTIMASI EROSI DENGAN METODE USLE (Annisa Savitri, 2016)

PEMODELAN INTERSEPSI UNTUK PENDUGAAN ALIRAN PERMUKAAN PADA POHON JATI (TECTONA GRANDIS) DAN POHON PINUS (CASUARINA CUNNINGHAMIANA) (Risky Munandar, 2013)

INTERSEPSI POHON MAHONI (SWIETANIA MAHAGONI) DAN PINUS (PINUS MERCUSII) DIKABUPATEN ACEH TENGAH (Dessy Wahyuni, 2015)

PENGARUH VOLUME VEGETASI TERHADAP DISTRIBUSI KECEPATAN DAN TAHANAN ALIRAN DL BELOKAN SALURAN IRIGASI (MUHAMMAD NASIR, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy