//

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEKERJAAN RINGBALK PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ridha Rizki - Personal Name

Abstrak/Catatan

Produktivitas tenaga kerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilah suatu proyek konstruksi sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai produktivitas tenaga kerja pekerjaan ringbalk beton bertulang dan menghasilkan requirement tenaga kerja untuk dibandingkan dengan AHSP (Analisa Harga Satuan Pekerjaan) tahun 2013 pada Proyek Pembangunan Gedung Pendidikan dan Ruang Kuliah Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Ruang lingkup penelitian dibatasi pada pengamatan tenaga kerja pekerjaan ringbalk beton bertulang pada lantai 3 gedung segmen A yang meliputi pekerjaan bekisting, pembesian dan pengecoran. Pengamatan dimulai dari pekerjaan bekisting yang meliputi pemasangan bekisting, pekerjaan pembesian yang meliputi pemasangan tulangan serta pekerjaan pengecoran. Pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap yaitu pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer didapat dengan melakukan pengamatan secara langsung di lapangan dan data sekunder diperoleh dari pihak kontraktor. Data yang diamati di lapangan adalah waktu kerja efektif, jumlah tenaga kerja dan volume pekerjaan. Dari hasil penelitian didapat nilai produktivitas pada pekerjaan bekisting yang meliputi pemasangan bekisting sebesar 12,813 m2/hari, pekerjaan pembesian yang meliputi pemasangan tulangan sebesar 186,433 kg/hari dan pekerjaan pengecoran sebesar 6,566 m3/hari. Requirement tenaga kerja untuk tukang pada pekerjaan bekisting yang meliputi pemasangan bekisting sebesar 0,078 OH, sedangkan pekerja sebesar 0,039 OH. Pada pekerjaan pembesian yang meliputi pemasangan tulangan requirement tukang sebesar 0,005 OH, sedangkan pekerja sebesar 0,005 OH. Serta pada pekerjaan pengecoran requirement tukang sebesar 0,152 OH sedangkan pekerja sebesar 0,456 OH. Kata kunci : produktivitas, tenaga kerja, requirement, ringbalk, gedung.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PRODUKHTIVITAS PEKERJAAN PASANGAN DINDING BATA MERAH PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Anshar Maulizar CA, 2016)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN, PEMBANGUNAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA ( TAHAP II) (Odie Rahmathul Ikhsan, 2015)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN, PEMBANGUNAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (TAHAP II) (Zerry Farianda. Z, 2015)

PRODUKTIVITAS PEKERJAAN PLAT LANTAI BETON BERTULANG PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rizdki Kamarullah, 2015)

ANALISA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PENGECATAN DINDING PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT ADMINISTRASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MUHAMMAD FADHIL, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy