//

ANALISIS BIAYA REHABILITASI DAN TINGKAT KERUSAKAN BANGUNAN GEDUNG DPRD KOTA SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmah Fitria - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Bencana gempa bumi yang terjadi di Kota Sabang telah mengakibatkan berbagai kerusakan infrastruktur publik di daerah tersebut, termasuk bangunan gedung negara. Salah satunya adalah gedung kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sabang yang terkena dampak gempa. Bangunan gedung DPRD Kota Sabang merupakan bangunan dengan konstruksi beton bertulang. Akibat bencana gempa tersebut mengakibatkann gedung DPRD Kota Sabang ini tidak dapat memberikan keamanan dan kenyamanan dalam penggunaannya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah berapakah biaya rehabilitasi kerusakan yang dibutuhkan pada gedung DPRD Kota Sabang dan klasifikasi tingkat kerusakan bangunan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan biaya rehabilitasi konstruksi pada gedung DPRD Kota Sabang dan juga untuk mengetahui tingkat kerusakan pada bangunan gedung tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24/PRT/M/2008 yang menjelaskan mengenai pedoman pemeliharaan dan perawatan dalam pasal 4 ayat (2) meliputi kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan bangunan gedung. Ruang lingkup penelitian ini ditinjau berdasarkan kerusakan non struktural bangunan tidak mencakup bagian struktural bangunan. Metode penelitian yang dilakukan adalah melakukan pengumpulan data primer dan data sekunder pada objek penelitian gedung DPRD Kota Sabang. Data primer yang dibutuhkan didapat melalui melakukan kegiatan survei lapangan, identifikasi kerusakan, pengukuran kerusakan, dan dokumentasi kerusakan. Kemudian pengumpulan data sekunder berupa data harga material, upah tenaga kerja, dan peralatan untuk kota Sabang berdasarkan keputusan Gubernur tahun 2014. Hasil penelitian ini adalah diketahui total estimasi biaya perbaikan kerusakan pada Gedung DPRD Kota Sabang sebesar Rp 990,861,000,- dan klasifikasi tingkat kerusakan dikategorikan kedalam klasifikasi tingkat kerusakan ringan berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24/PRT/M/2008. Kata kunci : bangunan gedung negara, estimasi biaya, tingkat kerusakan bangunan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KERUSAKAN DAN ESTIMASI BIAYA REHABILITASI BANGUNAN GEDUNG SEKOLAH DASAR NEGERI 58 BANDA ACEH (AHMAD MUSHAWWIR, 2020)

EVALUASI KERUSAKAN DAN ESTIMASI BIAYA REHABILITASI BANGUNAN GEDUNG SEKOLAH DASAR MIN 2 BANDA ACEH (BAYU PRATAMA, 2021)

KAJIAN KEBUTUHAN BIAYA KONSTRUKSI DAN MATERIAL UTAMA UNTUK REHABILITASI BANGUNAN KPPN TAKENGON (Septian Nugaha, 2014)

ANALISIS BIAYA REHABILITASI DAN TINGKAT KERUSAKAN BANGUNAN KONSTRUKSI GEDUNG NEGARA (STUDI KASUS PADA 6 GEDUNG SEKOLAH) (Musrizal, 2017)

PERENCANAAN BIAYA PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BANGUNAN GEDUNG FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SAMUDRA LANGSA (IRMALIA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy