//

ANALISIS LIFE CYCLE COST PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA LAMPULO BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarifah Ninda M - Personal Name

Abstrak/Catatan

Indonesia merupakan negara dengan potensi bahari berlimpah. Kenyataan bahwa pemanfaatannya masih belum maksimal, seharusnya memacu dibuatnya kebijakan untuk mendukung eksplorasi sumber laut, salah satunya sektor perikanan dengan menyediakan sarana yang memadai. Pembangunan pelabuhan perikanan, seperti halnya proyek sipil pada umumnya, membutuhkan berbagai pertimbangan khusus. Selain karena biaya pembangunannya yang besar, biaya untuk menjamin pengoperasian sepanjang umur hidupnya juga tidak sedikit. Merujuk kepada hal itu, keputusan akuisisi dari banyak sistem rekayasa tidak dibuat berdasarkan biaya pengadaan awal tetapi lebih pada biaya siklus hidupnya. Untuk itulah perlu dilakukan analisis Life Cycle Cost (LCC). Analisis LCC adalah proses desain yang penting dalam mengendalikan biaya awal dan biaya masa depan dalam kepemilikan sebuah proyek investasi. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan permasalahan yang dibahas dalam kajian ini adalah berapakah nilai LCC dari Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo Banda Aceh. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui biaya LCC PPS Lampulo untuk umur rencana 50 tahun. Berkaitan dengan perhitungan LCC tersebut, dibutuhkan data setiap biaya yang dikeluarkan untuk membangun PPS Lampulo dan menjamin pengoperasiannya. Perhitungan selanjutnya diarahkan untuk menyetarakan biaya di satu waktu tertentu dengan metode Net Present Value (nilai sekarang). Penjumlahan seluruh nilai present value dari biaya pengeluaran PPS Lampulo menghasilkan nilai LCC. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa PPS Lampulo memerlukan biaya sebesar Rp1.796.713.825.986 selama masa proyek 50 tahun. Dengan rincian berupa biaya awal sebesar Rp1.412.306.445.600, biaya operasional dan perawatan tahunan sebesar Rp77.266.733.692, dan biaya perawatan berkala sebesar Rp307.140.646.694. Kajian LCC ini bermanfaat untuk mengoptimalkan pengambilan keputusan investasi. Sehingga keputusan tersebut dapat menjamin keberlangsungan dari proyek investasi, dalam hal ini PPS Lampulo. Kata kunci : life cycle cost, net present value

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI USAHA PENANGKAPAN IKAN HIU DENGAN RAWAI DASAR (BOTTOM LONGLINE) DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA BANDA ACEH (Leni Afriani, 2019)

ANALISIS LIFE CYCLE COST PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA LAMPULO BANDA ACEH (Syarifah Ninda M, 2015)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA IKAN CAKALANG DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA LAMPULO KOTA BANDA ACEH (MAY SETYO NINGSIH, 2020)

TINGKAT EFISIENSI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA LAMPULO BANDA ACEH (Abdul Azis, 2018)

PENGELOLAAN PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO YANG BARU (IMPLEMENTASI QANUN ACEH NOMOR 7 TAHUN 2010 TENTANG PERIKANAN) (AUZA FAHREZA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy